Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2014, 07:33 WIB
Tabita Diela

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Styrofoam rupanya bisa menjadi bahan baku pembuat dinding rumah, terutama jenis Expanded Polystyrene. Material ini memang tidak digunakan begitu saja. Expanded Polystyrene perlu dilapisi kembali dengan kawat baja dan diberi plaster hingga membentuk panel Expanded Polystrene System (EPS).

Di Indonesia, panel EPS sebenarnya sudah mulai dikenal. Salah satu perusahaan yang memasarkannya adalah anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk, yaitu PT Modern Panel Indonesia. Perusahaan tersebut menggunakan nama dagang M Panel untuk panel istimewa ini.

Ketika dijumpai Kompas.com dalam pameran Indobuildtech 2014 di Jakarta Convention Center, Jumat (13/6/2014), pameris yang mengenalkan EPS buatan PT Modern Panel Indonesia mengungkapkan bahwa meski ringan, styrofoam kuat dan aman untuk dijadikan bahan baku pembuat dinding rumah. Asalkan, jenis panel EPS.

"Panel ini aman, kuat. Selain itu, panel ini juga tahan api. Sebenarnya, kawat baja yang melapisi styrofoam sudah membuatnya kuat, kemudian diplaster lagi. Adanya styrofoam membuat penggunaan beton jadi jauh lebih sedikit," ujarnya.

Sistem panel ini tidak hanya digunakan sebagai partisi. Panel bisa juga digunakan sebagai dinding eksterior rumah, lantai, bahkan tangga. PT Modern Panel Indonesia menyediakan Single Panel yang terdiri dari Single Panel Structure (PSM), Single Panel dengan dua kawat baja (PSMHP), dan Single Panel Partisi (PST), Double Panel, Stair Panel, EPS Roof Panel, dan Floor Panel.

Untuk tangga, atau yang disebut juga dengan stair panel (PSC), desain ukuran bisa disesuaikan dengan tinggi lantai. Penyaluran bebannya terdapat pada lubangan balokan di bawah setiap pijakan tangga. Lubangan tersebut diisi dengan tulangan besi baja tiga lonkor dan dicor beton K300. Ada pula landing panel (PNR) yang ukurannya bisa disesuaikan dengan tangga.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com