Ini Dia Rahasia Keindahan Taman Yunani

Kompas.com - 09/06/2014, 18:23 WIB
Latar dengan warna-warna netral merupakan salah satu daya tarik taman bergaya Yunani Eleni PsyllakiLatar dengan warna-warna netral merupakan salah satu daya tarik taman bergaya Yunani
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Taman- taman bergaya khas Yunani memang enak dipandang. Tidak hanya itu, umumnya tanamannya pun tangguh dan bisa ditanam dalam ruang sempit. Inilah yang menambah daya tarik taman bergaya khas Yunani. Anda ingin mencobanya juga?

"Di desa yang lebih kecil, tidak ada tradisi yang mengharuskan sebuah rumah memiliki halaman belakang, bahkan tidak ada tanah," ujar arsitek Eleni Psyllaki. Psyllaki merupakan penduduk asli Pulau Kreta, dan pendiri blog My Paradissi.

Psyllaki sudah melakukan studi atas taman Yunani modern. Dia mengerti betul bahwa untuk mendapatkan taman yang tangguh, Anda tidak perlu mengorbankan keindahan. Berikut ini beberapa cara membuat taman bergaya Mediterania.

Pertama, gunakan latar belakang berwarna netral. Dinding berwarna putih dan batu-batu berwarna terang sangat efektif memantulkan sinar matahari. Hal ini bisa menambah keindahan di taman.

Kedua, gunakan warna terang sebagai aksen. Usahakan warna-warna ini berasal dari tanaman. Tanaman bunga dengan bunga berwarna terang bisa menjadi penambahan istimewa bagi taman Anda.

Beberapa tanaman yang biasanya tersedia di taman Yunani semuanya tahan berbagai cuaca. Di Negeri Para Dewa ini, pohon zaitun biasa menghiasi taman. Zaitun, khususnya varietas yang tidak berbuah, tahan terhadap musim kering, punya jangka waktu hidup panjang, dan bentuk tanamannya indah. Sementara itu, untuk mengisi dasar taman, Anda bisa menggunakan rosemary, timi, sage, daun bawang dan peterseli.

Eleni Psyllaki Tanaman bugevil (Bougenvillia sp.) merupakan salah satu tanaman yang biasanya hadir di taman-taman Yunani. Tanaman ini juga mudah dijumpai di Indonesia.
Tanaman jeruk juga bisa menjadi pilihan Anda. Tanaman ini mampu bertahan dalam iklim Mediterania. Namun, untuk tanaman yang sangat perlu ada di taman Anda adalah bugenvil (Bougenvillia). Tanaman ini bisa mempercantik taman dan relatif mudah perawatannya.

Jangan ragu untuk menggunakan pot sebagai media tanam. Pot yang dibuat dari tanah liat bisa Anda pertimbangkan. Menurut Psyllaki, pot seperti ini mampu menahan kelembaban dan membuat akar tidak kering dalam iklim panas.

Ketiga, cobalah mengatur taman Anda dengan simetris.

Terakhir, tambahkan area teduh. Anda bisa menempatkan kanopi, pergola, atau menggunakan unsur alam, seperti tanaman merambat atau bambu.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Gardenista
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X