Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gowa dan Maros, Calon Pusat Pertumbuhan Baru

Kompas.com - 09/06/2014, 16:29 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Gowa dan Maros dianggap sebagai pusat-pusat pertumbuhan baru yang menawarkan potensi besar untuk dikembangkan lebih jauh. Indikasinya, di kedua kawasan ini telah marak dikembangkan properti-properti baru yang mendukung aktivitas bisnis dan perekonomian secara umum.

Kedua kawasan ini merupakan bagian dari pengembangan Kota Metropolitan Mamminasata, meliputi Makassar, Maros, Sungguminasa, Gowa, dan Takalar. Dalam perkembangan aktual, pertumbuhan kawasan ini terhitung pesat.

Di Gowa, misalnya, terdapat proyek skala besar CitraGrand Galesong City yang merupakan hasil aliansi strategis Ciputra Group, dan Galesong Group. Di atas 500 hektar, keduanya akan membangun perumahan lengkap dengan fasilitas komersial.

Sementara di Maros, kehadiran Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, menjadi daya tarik dan semakin menggoda investor guna mengembangkan hal serupa khususnya properti jenis perhotelan, pergudangan untuk bisnis logistik (business park), dan juga hunian.

Ketua DPD REI Sulawesi Selatan, Raymond Arfandy, mengatakan konsep metropolitan Mamminasata semakin menemukan bentuknya. Hal ini juga dapat menstimulasi pertumbuhan properti. Terlebih disertai pembangunan infrastruktur Trans Makassar-Gowa-Maros, akan semakin memobilisasi dan memudahkan kegiatan bisnis dan perekonomian.

"Jika Mamminasata terintegrasi melalui koneksi infrastruktur, maka pertumbuhan properti di kawasan ini akan semakin pesat. Tahun lalu saja sekitar 20 persen per tahun. Kebutuhan tinggi, namun pasokan terbatas. Kami memprediksi tahun ini dan tahun mendatang akan sebesar 20 persen hingga 25 persen," ujar Arfandy kepada Kompas.com, Senin (9/6/2014).

Pemerhati pembangunan pencakar langit dan juga pegiat forum Skyscraper City Indonesia (SSCI), Alpha Marganaputra, sependapat dengan Arfandy. Menurutnya, Gowa dan Maros merupakan pusat pertumbuhan baru yang sangat potensial.

"Meskipun untuk saat ini lebih ke sektor perumahan untuk Gowa, dan pergudangan serta ruko dan rukan untuk Maros, namun ke depan, properti vertikal akan mulai tumbuh. Pasalnya, di Makassar sendiri sebagai konsentrasi bangunan tinggi sudah sangat mapan, terlebih harga lahan tinggi. Sementara di Gowa dan Maros, harga lahan relatif masih kompetitif," kata Alpha.

Untuk diketahui, Ciputra Group saja sampai membangun tiga proyek di kawasan Mamminasata, yakni CitraLand Celebes, CitraGarden Makassar, dan CitraGrand Galesong City. Sementara Vida View merupakan apartemen tiga menara yang dibangun di pusat kota Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com