Kompas.com - 09/06/2014, 14:11 WIB
Memadupadankan kursi-kursi dengan bentuk berbeda di sekitar meja makan merupakan atraksi menarik bagi tamu, dan tentu saja pemilik rumah. Bagi Anda yang belum pernah melakukan hal ini ada panduan mudahnya. K Kong DesignsMemadupadankan kursi-kursi dengan bentuk berbeda di sekitar meja makan merupakan atraksi menarik bagi tamu, dan tentu saja pemilik rumah. Bagi Anda yang belum pernah melakukan hal ini ada panduan mudahnya.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Mengisi ruangan dengan furnitur yang seragam, mulai dari meja, kursi, sofa, dan lemari membuatnya tampak membosankan. Cara mudah membuat ruang lebih berkarakter adalah memadukan berbagai furnitur dari era, material, dan tampilan berbeda. Sayangnya, tidak semua orang merasa hal ini mudah dilakukan.

Jika tertarik, Anda bisa memulainya dengan cara memadupadankan kursi di ruang makan. Kontributor Houzz, Laura Gaskill, punya panduan sederhana yang bisa Anda praktikkan untuk mulai menggabungkan beberapa furnitur berbeda di ruang tersebut.

Pertama-tama, cobalah memadukan bench atau kursi pancang berpunggung di sisi lebar meja makan, kursi lipat di sisi seberangnya, dan dua kursi identik di sisi terpendek meja makan. Anda juga bisa menggunakan bench tanpa punggung yang tampak seperti huruf "l". Memadukan kursi bergaya tradisional Eropa dan kursi lipat ala cafe membuat ruang makan lebih kasual. Cara ini pun relatif lebih hemat. Anda bisa menggunakan kursi lipat dengan harga miring.

Lisa Petrole Photography Salah satu cara mendapatkan tampilan yang serasi, namun tidak seragam di ruang makan adalah menggunakan kursi dengan bentuk berbeda dalam warna serupa.
Kedua, cobalah menggunakan berbagai bentuk kursi dalam warna yang sama. Menurut Gaskill, cara ini sama dengan cara memilih baju pendamping pengantin wanita. Warna yang sama membuat kursi tampak serasi dengan mudah. Padahal, jika diperhatikan lebih seksama, masing-masing detailnya jauh berbeda.

Ketiga, gunakan kursi berbentuk berbeda, namun kain pelapis bantalan atau upholstery-nya seragam. Kesamaan dalam detail ini membuat kursi-kursi seolah berasal dari satu "set" yang sama.

Selain menggunkan lapisan yang sama, Anda juga bisa mengatur posisi tempat duduk untuk meja makan berbentuk permukaan persegi panjang seperti ini. Di kedua sisi terpanjang, gunakan kursi yang sama. Sementara itu, di dua sisi terpendek, gunakan pula sepasang kursi dengan jenis yang sama. Jadi, Anda hanya menggunakan dua jenis kursi. Menggunakan nuansa warna yang sama, meski bentuknya jauh berbeda, membuat semua kursi ini tampak senada.

Cara selanjutnya, gunakan kursi yang sama namun warnanya berbeda. Atau, gunakan kursi yang sama, namun bantalannya berbeda-beda. Memilih warna yang jauh berbeda membuat area ruang makan tampak segar, namun terkesan kekanak-kanakan. Pilih warna-warni dalam kelompok warna yang sama untuk membuatnya sedikit lebih "serius".

Cobalah juga dengan berani menggunakan berbagai kursi dengan bentuk dan aksen jauh berbeda, namun memiliki material yang sama.



Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Houzz.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.