Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luar Biasa, Rumah Ini Berhias "Naga"!

Kompas.com - 26/05/2014, 07:20 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - John Brooker (75) memang sudah berusia lanjut. Namun, semangatnya menghias rumah dan lingkungan sekitarnya patut diacungi jempol.

Pria asal East Rudham, Norfolk, Inggris ini memangkas pagar tanaman di depan rumahnya hingga berbentuk naga. Ukuran pagar tanaman yang dibuatnya pun tidak main-main, tingginya mencapai tiga meter.

Karya Brooker ini dikenal juga dengan nama topiari. Topiari bisa dilakukan dengan bentuk sederhana, misalnya membuat pagar tanaman di depan rumah berhias bola. Namun, Brooker justru memilih bentuk yang jauh lebih rumit. Dia membuat pagar di depan rumahnya menyerupai makhluk mistis dari Asia, naga.

Brooker mengaku, dia membuat naga di depan rumahnya lantaran bosan melihat pagar dari tanaman yang tampak biasa. "Saya tengah berdiri di bak cuci dapur pada suatu hari dan berpikir bahwa pagar tanaman saya sangat membosankan. Jadi, saya melakukan sesuatu," ujarnya.

Lantas, Brooker menghabiskan tiga hari setiap dua minggu untuk membuat naga tersebut. Seperti dikutip dalam BBC, Brooker dilaporkan sudah melakukan hal ini selama 13 tahun.

Selama mengerjakan karyanya ini, Brooker menggunakan dua tangga yang masing-masing setinggi 1,8 meter. Menurutnya, para petani di sekitar rumah selalu khawatir ketika dia memangkas tanaman sembari berpijak pada tangga tertinggi.

Meski khawatir, tampaknya para petani tidak keberatan dengan aksi Brooker. Pasalnya, pagar rumah Brooker berada di pinggir jalan dan siapa pun bisa dengan mudah melihatnya. Alih-alih mengganggu, pagar tersebut justru jadi pemandangan unik.

"Istri saya suka berkebun, saya hanya memotong rumput dan memangkas pagar. Dia sangat senang karena ada yang menarik untuk dilihat," imbuh Brooker.

Brooker juga mengungkapkan, pilihannya memilih naga kemungkinan terpengaruh oleh masa mudanya di Angkatan Darat. Dua kali bertugas ke Malaysia, Brooker yakin saat itu naga terekam dalam ingatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com