Bikin Tangga dan Perosotan dalam Rumah, Kenapa Tidak?

Kompas.com - 24/05/2014, 11:52 WIB
Ide segar buatan arsitek Julie Fisher ini bisa Anda terapkan dalam desain rumah Anda. Fisher membuat tangga hibrida yang tidak hanya memiliki anak tangga, namun juga perosotan.


DwellIde segar buatan arsitek Julie Fisher ini bisa Anda terapkan dalam desain rumah Anda. Fisher membuat tangga hibrida yang tidak hanya memiliki anak tangga, namun juga perosotan.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Arsitek Julie Fisher berhasil memasukkan fitur menarik di dalam rumah tanpa membuatnya tampak berlebihan. Fisher membuat tangga sekaligus perosotan di sebuah rumah di Chicago, Amerika Serikat.

Keluarga yang meminta jasa Fisher tidak memberikan arahan khusus bagi sang arsitek. Mereka benar-benar membebaskan Fisher mendesain interior rumah seluas 427,4 meter persegi. Hanya saja, mereka secara spesifik meminta Fisher membuat perjalanan antar lantai di rumah ini jadi lebih mudah, bahkan menyenangkan. Pasalnya, rumah ini memiliki empat lantai yang akan banyak memakan waktu untuk berpindah dari satu lantai ke lantai lainnya.

Arsitek Julie Fisher menjawab tantangan tersebut dengan membuat tangga sekaligus perosotan. Di sisi kiri tangga, Fisher membuat perosotan, sementara di sisi kiri dia menempatkan rentetan anak tangga. Pemilik rumah bisa memilih, menggunakan sisi kanan atau sisi kiri sesuai kebutuhan.

Meski tampak sederhana dan apik, pembuataan tangga ini tidak mudah. Teknik pembuatan tangga tersebut cukup rumit. Jika dibandingkan dengan fitur lain di rumah ini, tangga yang terbuat dari kayu walnut (kenari) tersebut memakan waktu paling lama.

Tidak hanya itu, Fisher pun memberikan pengaman bagi pengguna tangga tersebut dengan menempatkan kisi-kisi, tepat di sisi anak tangga.

Fisher bekerjasama dengan kontraktor Joseph Vitulli dari Top Line Construction serta pembuat tangga Luc Halupka dari HL Stairs. Mereka memutuskan untuk membuat perosotan sedikit lebih tinggi daripada anak tangga yang ada di sebelah kanan. Tangga dengan perosotan pun hanya ada untuk mengantarkan penghuni rumah dari lantai dasar ke bawah tanah.

"Tangga ini terintegrasi dengan sangat cantik, seperti furnitur," ujar Fisher. "Perosotannya tidak terasa seperti penambahan, atau seperti mainan. Fisher pun mengungkapkan, bukan hanya anak-anak yang gemar menggunakan perosotan tersebut. Orang dewasa pun sangat menyukainya.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X