Kompas.com - 19/05/2014, 16:18 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Gantungan baju atau hanger di dinding atau dikenal juga dengan istilah wall hooks merupakan cara efektif memanfaatkan ruang di hunian terbatas. Selain gantungan dinding, pegboard biasanya menjadi pilihan para pemilik rumah. Hanya saja, pegboard biasanya digunakan di lokasi yang lebih spesifik, misalnya garasi.

Sayangnya, gantungan-gantungan di dinding semacam itu bisa menjadi "magnet" bagi tumpukan barang. Gantungan baju pun kerap menjadi titik-titik berantakan di dalam rumah. Nah, adakah cara membuatnya tetap rapih?

Andrienne Breaux dari Apartment Therapy punya beberapa cara yang bisa menjaga kerapihan gantungan baju di rumah Anda. Breaux memberikan lima cara mudah yang bisa Anda ikuti, berikut ini:

Pertama, pastikan dulu barang yang ingin disimpan atau diletakkan di gantungan (atau pegboard) tersebut. Menurut Breaux, biasanya pemilik rumah hanya sekadar menempatkan gantungan di dinding rumah tanpa tahu dengan persis benda yang ingin mereka gantung di sana.

Hanya dengan mengetahui hal ini, Anda bisa mengatur beberapa hal, misalnya mengatur kekuatan gantungan baju dan jeda antar gantungan. Selanjutnya, Anda pun bisa menetapkan "peraturan" di rumah, bahwa hanya beberapa barang yang boleh diletakkan di gantungan tersebut.

Kedua, mulailah dengan instalasi gantungan yang teratur. Anda tidak perlu memasang gantungan dengan cara menjejerkannya di dinding rumah. Namun, semakin rapih menempatkannya, semakin mudah Anda menjaga kerapihan barang-barang di lokasi tersebut.

Ketiga, hindari menggantung terlalu rendah. Jaket panjang, gaun, dan selendang panjang yang menjuntai ke lantai membuat daerah gantungan tampak berantakan. Hal ini juga membuat debu mengumpul di jaket, gaun, atau selendang Anda.

Keempat, batasi berapa banyak baju atau barang-barang yang ingin Anda simpan di gantungan tersebut. Cobalah mengecek secara berkala barang-barang yang ada di gantungan tersebut. Jika tidak dicek, Anda berpotensi menumpuk terlalu banyak barang di gantungan.

Kelima, bersihkan barang-barang yang Anda taruh di gantungan secara berkala. Breaux menyarankan Anda memperhatikan gantungan tersebut setiap beberapa minggu sekali. Singkirkan barang-barang yang tidak seharusnya berada di sana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.