Jangan Pilih Karpet Sembarangan!

Kompas.com - 14/05/2014, 17:38 WIB
Karpet buatan Ben Soleimani. Ben SoleimaniKarpet buatan Ben Soleimani.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Karpet bukan hanya sekadar "pemanis" ruangan. Karpet juga bisa menentukan nuansa ruangan, skema warna, dan kenyamanan dalam interior rumah. Karena itu, berhati-hatilah dalam membeli karpet. Desainer asal Los Angeles, Amerika Serikat, Ben Soleimani, memberikan beberapa tips dalam membeli karpet.

Menurut Soleimani, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika "berburu" karpet. Pertama, perhatikan luas permukaan yang akan ditutup dengan karpet tersebut. Untuk kamar tidur, Anda mungkin ingin membiarkan permukaan lantai tetap tampak.

"Saya suka memperlihatkan sebagian kayu. Saya tidak suka karpet-karpet terlalu dekat satu sama lain, saya suka memberikan cukup ruang di sekelilingnya untuk menunjukkan bahwa karpet-karpet ini istimewa," ujar Soleimani.

Selain ukuran permukaan yang ditutup karpet, perhatikan juga materialnya. Menurut Soleimani, wol merupakan material karpet yang paling kuat dan bisa dicuci. Memang, hal ini juga sangat bergantung dengan jenis wolnya. Umumnya, karpet yang terbuat dari wol memiliki karakteristik tebal dan mudah dibersihkan. Wol sungguh pilihan yang praktis. Sementara itu, bahan sutra memang lembut, cantik, dan elegan. Namun, tidak sepraktis wol.

"Tidak hanya mengenai materialnya, namun juga cara pembuatannya. Anda tentu menginginkan karpet yang tampak alami," ujar Soleimani.

Soleimani mengingatkan, belilah karpet yang paling baik. Jangan hanya membeli karpet. Sebuah karpet berkualitas baik akan tampil lebih cantik seiring penggunaannya.

Terakhir, belilah karpet yang memberikan kesan "abadi". Maksudnya, carilah karpet yang tidak mudah membuat Anda bosan melihatnya setiap hari. "Karpet harus memiliki harmoni. Ketika Anda membeli karpet, carilah sesuatu yang tidak gimmicky, jangan separuh karpet berdesain istimewa, dan separuhnya lagi tidak. Anda akan cepat bosan. Karpet yang cantik dengan hamoni benar-benar abadi," pungkasnya.

Sebagai catatan, Ben Soleimani adalah desainer kepala di balik Mansour Modern. Mansour Modern penyedia karpet-karpet mewah berkualitas. Koleksi Mansour Modern sudah dipublikasikan oleh beberapa media besar, seperti Elle Decor, Metropolitan Home, New York Times, Town + Country, House + Garden, dan Domino.




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X