Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap... BTN Bakal Melelang KPR yang Macet!

Kompas.com - 13/05/2014, 11:31 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) menyiapkan strategi untuk memangkas rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL). Beberapa strategi itu antara lain melelang kredit pemilikan rumah (KPR) yang macet, serta menagih secara langsung utang kredit rumah yang belum memasuki taraf kemacetan.

"Kami menargetkan rasio NPL jadi 3 persen pada akhir tahun ini," kata Maryono, Direktur Utama Bank BTN.

Adapun pada kuartal I-2014, rasio NPL bersih BTN turun tipis menjadi 3,57 persen per Maret 2014, dibandingkan posisi 3,83 persen per Maret 2013. Sementara itu, NPL gross sebesar 4,74 persen per Maret 2014 dibandingkan posisi 4,77 persen per Maret 2013.

Maryono mengatakan, menyusutkan kredit bermasalah adalah konsentrasi utama perusahaan sepanjang tahun ini. Langkahnya untuk penurunan NPL itu adalah melakukan lelang KPR macet dengan nilai sekitar Rp 400 miliar - Rp 500 miliar.

"Jika kami bisa menyerap hasil lelang itu akan memperbagus NPL dan laba," tambahnya.

Selain itu, BTN tengah mengkaji revisi kredit dengan mempertimbangkan revisi pertumbuhan ekonomi oleh Bank Indonesia dan kondisi pasar. Pasalnya, sektor properti berbeda dengan sektor bisnis lainnya, seperti komoditas dan pertambangan. (Nina Dwiantika)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com