Kompas.com - 13/05/2014, 11:31 WIB
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) menyiapkan strategi untuk memangkas rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL). Beberapa strategi itu antara lain melelang kredit pemilikan rumah (KPR) yang macet, serta menagih secara langsung utang kredit rumah yang belum memasuki taraf kemacetan.

"Kami menargetkan rasio NPL jadi 3 persen pada akhir tahun ini," kata Maryono, Direktur Utama Bank BTN.

Adapun pada kuartal I-2014, rasio NPL bersih BTN turun tipis menjadi 3,57 persen per Maret 2014, dibandingkan posisi 3,83 persen per Maret 2013. Sementara itu, NPL gross sebesar 4,74 persen per Maret 2014 dibandingkan posisi 4,77 persen per Maret 2013.

Maryono mengatakan, menyusutkan kredit bermasalah adalah konsentrasi utama perusahaan sepanjang tahun ini. Langkahnya untuk penurunan NPL itu adalah melakukan lelang KPR macet dengan nilai sekitar Rp 400 miliar - Rp 500 miliar.

"Jika kami bisa menyerap hasil lelang itu akan memperbagus NPL dan laba," tambahnya.

Selain itu, BTN tengah mengkaji revisi kredit dengan mempertimbangkan revisi pertumbuhan ekonomi oleh Bank Indonesia dan kondisi pasar. Pasalnya, sektor properti berbeda dengan sektor bisnis lainnya, seperti komoditas dan pertambangan. (Nina Dwiantika)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kontan
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.