Pergilah ke Alam Sutera, Temukan "Kafe Kayu" yang Cantik Ini!

Kompas.com - 12/05/2014, 15:34 WIB
Warna kayu yang muda, penggunaan beton ekspos pada lantai kafe, serta melimpahnya sinar matahari membuat kafe itu tampak menarik tanpa terkesan gelap dan kelam.  www.dezeen.comWarna kayu yang muda, penggunaan beton ekspos pada lantai kafe, serta melimpahnya sinar matahari membuat kafe itu tampak menarik tanpa terkesan gelap dan kelam.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
TANGERANG, KOMPAS.com - Cantik dan apik. Inilah hasil kerja OOZN Design dari Singapura yang membuat tampilan interior kafe di Alam Sutera, Tangerang, ini menjadi menarik.

Perusahaan desain tersebut menggunakan lembaran-lembaran kayu untuk membentuk lapisan menyerupai goa di dalam kafe. Warna kayu yang muda, penggunaan beton ekspos pada lantai kafe, serta melimpahnya sinar matahari membuat kafe itu tampak menarik tanpa terkesan gelap dan kelam. 

Menurut OOZN Design, kafe bernama Six Degrees Cafe itu memiliki tujuan sebagai titik pertemuan antar kawan, kolega, maupun keluarga. Karena itulah, pemilik kafe meminta mereka membuat desain yang mudah diingat dan nyaman.

www.dezeen.com OOZN Design tersebut melibatkan penggunaan lembaran kayu yang dipasang dengan jarak 150mm antar kayu. Kayu-kayu ini dirancang hingga seolah berbentuk gelombang. Masing-masing lembar kayu menampilkan bentuk meliuk-liuk yang unik.
"Pemiliknya membayangkan kafe ini sebagai tempat pertemuan, kawan dan kerabat saling bersosialisasi sembari menikmati secangkir kopi yang nikmat. Permintaan desainnya sederhana, untuk membuat kafe ini mudah diingat dan nyaman," ujar OOZN Design kepada Dezeen.com.

Desain yang dibuat OOZN Design tersebut melibatkan penggunaan lembaran kayu yang dipasang dengan jarak 150mm antar kayu. Kayu-kayu ini dirancang hingga seolah berbentuk gelombang. Masing-masing lembar kayu menampilkan bentuk meliuk-liuk yang unik.

"Perbedaan kedalaman 'sirip' tidak hanya menciptakan efek visual yang kuat, mereka juga menyembunyikan peralatan di plafon dan meningkatkan akustik di dalam kafe," imbuh para desainer.

www.dezeen.com Furnitur dalam kafe ini dibuat dari kayu, namun bentuknya bervariasi. Six Degrees Cafe juga menawarkan sofa di tengah-tengah ruangan berukuran 208m2 tersebut.
Di dalam kafe itu terdapat empat area duduk. Masing-masing area memiliki jumlah kursi berbeda. Ada yang diperuntukkan bagi pengunjung kafe perseorangan, ada pula untuk kelompok berisi empat orang atau lebih.

Furnitur dalam kafe ini dibuat dari kayu, namun bentuknya bervariasi. Six Degrees Cafe juga menawarkan sofa di tengah-tengah ruangan berukuran 208m2 tersebut.

Sebagai catatan, untuk proyek ini, PT Dinamik Sukses Artaboga sebagai pemilik kafe menugaskan kontraktor utama Myspace Design yang kemudian mempekerjakan konsultan arsitektur, desain interior, dan pencahayaan OOZN Design dari Singapura.

www.dezeen.com OOZN Design tersebut melibatkan penggunaan lembaran kayu yang dipasang dengan jarak 150mm antar kayu. Kayu-kayu ini dirancang hingga seolah berbentuk gelombang. Masing-masing lembar kayu menampilkan bentuk meliuk-liuk yang unik.
Pantauan Kompas.com, Six Degrees Cafe bukan satu-satunya kafe yang menggunakan deretan kayu sebagai hiasan istimewa. Hal serupa sudah dilakukan dalam interior pusat perbelanjaan Kota Kasablanka.



Sumber Dezeen
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X