Kompas.com - 08/05/2014, 19:12 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Desainer asal Brussel, Belgia, Alain Gilles, membuat meja makan yang besar penampangnya bisa diatur sesuai kebutuhan. Meja buatan Gilles tampak cantik dengan penampang kaca yang membuat pengguna meja bisa memperhatikan secara detil seluruh bagian meja. Uniknya, sang desainer malah tak suka meja jenis ini.

"Dari sudut pandang desain, saya tidak suka meja yang bisa diperbesar," ujar Gilles.

Menurut dia, meja jenis ini memang berguna, tapi bagian tambahan atau ekstensi meja biasanya hanya ditambahkan. Beberapa desain meja serupa bahkan menyembunyikan bagian tambahan aagr tak terlihat sama sekali.

Alih-alih menggunakan teknik yang biasa dilakukan dalam pembuatan meja dengan jenis serupa, Gilles justeru mengambil langkah radikal. Sang desainer membiarkan pengguna meja ini melihat mekanisme meja. Bahkan, Gilles juga menjadikan mekanisme meja menjadi salah satu daya tarik utama.

Gilles menggunakan kayu ek berwarna terang sebagai penopang meja. Kayu ini seolah mencengkeram jalur baja berlapis warna merah menyala, biru, atau paduan garis-garis merah dan putih. Jalur ini berfungsi sebagai penopang. Di atas penopang, sang desainer menggunakan kaca tembus pandang sebagai penampang meja.

Namun, Gilles tak ingin membuat hasil karyanya menjadi produk teknis. Karena itulah, dia menggunakan warna-warni yang melapisi jalur baja di bawah permukaan kaca sehingga membuat karyanya lebih grafis dan tampak seperti mainan anak.

"Saya tahu saya harus menunjukkan mekanisme dan mengubahnya menjadi bagian hidup dari meja, yang akan menunjukkan kemungkinan transformasi," imbuhnya.

Anda mau coba? Baca: 8 Trik Dekor Agar Mood Kerja & Belajar Tak Kendor!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.