Harga Rumah di Balikpapan Tembus Rp 5 Miliar per Unit!

Kompas.com - 08/05/2014, 13:29 WIB
Rumah menengah atas di Citra Bukit Indah sudah menyentuh level Rp 5 miliar per unit. www.shutterstock.comRumah menengah atas di Citra Bukit Indah sudah menyentuh level Rp 5 miliar per unit.
|
EditorLatief
BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Berkembangnya pasar properti di daerah, meninggalkan rekor-rekor baru yang tak kalah mengejutkan dengan pasar properti di kawasan Jabodetabek. Catatan terbaru adalah pencapaian harga rumah di Citra Bukit Indah Balikpapan.

Harga rumah baru di kompleks hunian yang dikembangkan Ciputra Group melalui PT Ciputra Bangun Mitra itu saat ini sudah menembus angka Rp 5 miliar per unit untuk harga tertinggi. Adapun untuk harga terendahnya senilai Rp 2,5 miliar per unit.

Menurut Project Manager PT Ciputra Bangun Mitra, Ardian Hendra, para pembeli rumah tersebut sebagian besar didominasi oleh pebisnis dari luar kota, yaitu Samarinda, Makassar, Manado, Jakarta, dan Surabaya.

"Selain pembeli domestik, para ekspatriat juga banyak yang menjadikannya sebagai hunian melalui home ownership program. Bahkan, baru-baru ini ada investor asal Jepang membeli beberapa unit," beber Ardian kepada Kompas.com, Rabu (7/5/2014). 

Tingginya harga rumah baru tersebut, lanjut Ardian, tak lain karena dipicu harga lahan yang juga sudah selangit. Untuk lahan di dalam kawasan pengembangan Citra Bukit Indah, saat ini sudah bertengger di angka Rp 5 juta hingga Rp 7 juta per meter persegi.

"Sedangkan mendekati jalan raya bisa mencapai Rp 15 juta per meter persegi, dan di dalam kawasan CBD Balikpapan berkisar antara Rp 15 juta hingga Rp 30 juta per meter persegi," tandas Ardian.

Selain Ciputra Group, pengembang Nasional lain yang membangun kompleks perumahan adalah Sinarmas Land dengan Grand City, Cowell Development dengan Borneo Paradiso, Wika Realty yang menggarap pasangan dan keluarga muda melalui Tamansari Bukit Mutiara.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X