Sudah Lupa, Tanaman Mengurangi Polusi di Jalan Raya?

Kompas.com - 08/05/2014, 10:56 WIB
Jalan Raya Margonda, Depok, Jawa Barat, Kamis (10/10/2013). Jalan utama di kota ini tidak memiliki ruang hijau. Kondisi diperparah dengan kemacetan lalu lintas yang sering terjadi. KOMPAS IMAGES / VITALIS YOGI TRISNAJalan Raya Margonda, Depok, Jawa Barat, Kamis (10/10/2013). Jalan utama di kota ini tidak memiliki ruang hijau. Kondisi diperparah dengan kemacetan lalu lintas yang sering terjadi.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Di sela  acara kolokium yang digelar oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum, Rabu (7/5/2014) di Bandung, terlihat sebuah poster menarik. Poster tersebut memaparkan fakta, bahwa tanaman yang ada di sepanjang jalan raya tidak hanya sekadar menjadi pemanis, namun punya andil penting bagi pengguna jalan.

Tanaman-tanaman berjenis pohon, perdu, atau semak bisa mengurangi polusi udara. Berkurangnya polusi udara tentu bisa memberikan efek baik bagi kesehatan pengguna jalan dan penghuni di lingkungan jalan.

Teknik penanamannya bisa dilakukan dengan cara mandiri, atau kombinasi dari berbagai jenis tanaman yang ada. Apapun pilihan yang ditempuh, kehadiran tanaman bisa mengurangi polusi hingga 50 persen dari sebelumnya.

Kirai paying (Felicium decipiens), Ki Acret (Spathodea campanulata), Ganitri (Elaeocarpus sphaericus), Kembang Merak (Caesalpinia pulcherrima), Bungur (Langerstroemia flos-reginae), dan Kenari (Canarium vulgarie) merupakan beberapa jenis pohon yang bisa dipilih untuk mengurangi polusi udara.

Sementara itu, Dawolong kuning (Acalypha compacta), Puring (Codiaeum variegatum), Wilkesiana, dan Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis) termasuk perdu yang bisa dipilih untuk mengurangi polusi. Selain itu, ada juga varian tanaman semak, seperti Kriminil merah (Althemanthera ficoidea), Taiwan beauty, Maranta, Pacing, dan Plumbago bisa menjadi pilihan.

Nah, apakah kita akan mendiamkan atau bahkan lupa dengan isi poster tadi?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X