Kompas.com - 29/04/2014, 14:20 WIB
EditorLatief
KOMPAS.com - Anda perlu menghitung seberapa efisien penyejuk ruangan bekerja, yaitu dengan membandingkan rasio input dan output. Ini perlu dilakukan agar tak salah kaprah soal AC hemat listrik.

Memang, jika Anda perhatikan iklan penyejuk ruangan, hampir semua iklan tersebut mengimingi-imingi dengan rendah pemakaian listrik. Semakin rendah watt, semakin hemat listrik. Padahal, kenyataannya tak semudah itu.

Nyatanya, AC dengan watt rendah belum tentu hemat listrik jika dibandingkan AC dengan watt lebih tinggi. Dalam ruangan berukuran sama, AC dengan watt rendah akan lebih lama menyejukkan udara di ruangan ketimbang AC dengan watt lebih tinggi.

Karena itulah, jangan salah kaprah menilai AC hemat listrik. Berikut ini, ada cara bisa Anda lakukan untuk menghitung seberapa efisien penyejuk ruangan bekerja dengan membandingkan rasio input dan output.

www.shutterstock.com Hampir semua iklan tersebut mengimingi-imingi dengan rendah pemakaian listrik. Semakin rendah watt, semakin hemat listrik. Padahal, kenyataannya tak semudah itu.
Biasanya, nilai efisiensi AC dinyatakan dalam angka energy efficiency ratio (EER) dengan satuan Btu/Wh. Angka EER merupakan perbandingan antara kapasias pendinginan dalam satuan Btu/jam (Btu/h) dan konsumsi daya dalam satuan watt (W). Semakin tinggi nilainya, artinya semakin hemat energi. Umumnya, AC hemat energi memiliki angka EER di atas 12.

Nyatanya, beberapa produsen AC tidak mencantumkan angka EER dalam produk mereka, melainkan cofficient of performance (COP). Adapun COP sendiri memiliki satuan W/W.

Berita baiknya adalah mayoritas produsen AC mencantumkan nilai EER atau COP pada brosur produknya. Selain itu, semua AC hemat listrik yang diiklankan memang memiliki EER tinggi, bukan hanya penggunaam dayanya yang rendah.

Namun, berita buruknya, nilai EER arau COP tidak semua berstandarisasi. Perbedaan konfigurasi ruangan, tempertatur dalam dan luar ruangan, cara pengambilan data, dan faktor-faktor eksternal lainnya di luar AC itu bisa mempengaruhi nilai EER, terutama bagi AC inverter yang konsumsi dayanya dinamis.

Nah, bagaimana dengan AC di rumah Anda?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.