Kompas.com - 23/04/2014, 05:41 WIB
Nobuo Araki dari kantor arsitektur The Archetype Jepang merenovasi Atsushi Fuseya (Magnet)Nobuo Araki dari kantor arsitektur The Archetype Jepang merenovasi "The Pool Aoyama" atau "Kolam Renang Aoyama" menjadi butik cantik. Fasilitas yang berada di lantai dasar gedung apartemen dari tahun 1970-an ini tidak kehilangan identitasnya.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Arsitek Nobuo Araki dari The Archetype baru saja selesai merenovasi sebuah fasilitas berupa kolam renang di lantai dasar gedung apartemen Tokyo. Kolam renang di apartemen yang berasal dari tahun 1970-an ini sudah tidak lagi digunakan.

Padahal, ruang tersebut bisa dimanfaatkan kembali untuk berbagai keperluan lain, termasuk ruang komersial. Bagi Araki, ini kesempatan emas. Dia pun hanya mengubah sedikit untuk mendapatkan tampilan ruang yang jauh berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Araki telah "dengan lembut" memperbarui fasilitas tersebut. Pertama-tama, dia dan timnya memastikan sinar matahari yang bisa masuk ke dalam fasilitas ini jumlahnya cukup banyak. Mereka menggunakan plafon kaca untuk merealisasikannya.

Kemudian, hal lain yang paling terlihat adalah memoles keramik di dalam fasilitas tersebut. Tampilannya tidak lagi kusam seperti sebelumnya.

Atsushi Fuseya (Magnet) Araki menggantikan air dengan kaca. Sang arsitek tidak mengubah karakter fasilitas ini. Dia hanya menambahkan dan memoles beberapa bagian. Alhasil, hanya sedikit sekali perubahan di dalamnya.

Araki tidak mengubah banyak hal. Bentuk ceruk kolam yang ada di dalam fasilitas ini dibiarkan begitu saja. Ia hanya menambahkan tangga yang lebih besar agar bagian dalam kolam bisa diakses dengan mudah. Selain itu, untuk menyamakan tinggi permukaan kolam, Araki dan timnya menutup sebagian lantai dengan kaca.

Araki menambahkan semacam pipa besi menyerupai tangga eksisting yang ada di kolam renang untuk menggantung lemari-lemari etalase. Pipa yang sama namun menggantung dari plafon pun dimanfaatkan sebagai gantungan baju.

Atsushi Fuseya (Magnet) Araki menambahkan beberapa fasilitas untuk menunjang kegunaan baru fasilitas kolam renang ini menjadi butik

Fasilitas yang berada di Minato Ward, Tokyo, Jepang ini memiliki luas 161,4 m2. Dalam cetak biru, tampak bahwa Araki tidak hanya menyediakan ruang pamer untuk butik, namun juga satu fitting room dan dua ruang penyimpanan stok.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.