Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menarik, Kolam Renang Disulap Jadi Butik Cantik

Kompas.com - 23/04/2014, 05:41 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Arsitek Nobuo Araki dari The Archetype baru saja selesai merenovasi sebuah fasilitas berupa kolam renang di lantai dasar gedung apartemen Tokyo. Kolam renang di apartemen yang berasal dari tahun 1970-an ini sudah tidak lagi digunakan.

Padahal, ruang tersebut bisa dimanfaatkan kembali untuk berbagai keperluan lain, termasuk ruang komersial. Bagi Araki, ini kesempatan emas. Dia pun hanya mengubah sedikit untuk mendapatkan tampilan ruang yang jauh berbeda.

Araki telah "dengan lembut" memperbarui fasilitas tersebut. Pertama-tama, dia dan timnya memastikan sinar matahari yang bisa masuk ke dalam fasilitas ini jumlahnya cukup banyak. Mereka menggunakan plafon kaca untuk merealisasikannya.

Kemudian, hal lain yang paling terlihat adalah memoles keramik di dalam fasilitas tersebut. Tampilannya tidak lagi kusam seperti sebelumnya.

Atsushi Fuseya (Magnet) Araki menggantikan air dengan kaca. Sang arsitek tidak mengubah karakter fasilitas ini. Dia hanya menambahkan dan memoles beberapa bagian. Alhasil, hanya sedikit sekali perubahan di dalamnya.

Araki tidak mengubah banyak hal. Bentuk ceruk kolam yang ada di dalam fasilitas ini dibiarkan begitu saja. Ia hanya menambahkan tangga yang lebih besar agar bagian dalam kolam bisa diakses dengan mudah. Selain itu, untuk menyamakan tinggi permukaan kolam, Araki dan timnya menutup sebagian lantai dengan kaca.

Araki menambahkan semacam pipa besi menyerupai tangga eksisting yang ada di kolam renang untuk menggantung lemari-lemari etalase. Pipa yang sama namun menggantung dari plafon pun dimanfaatkan sebagai gantungan baju.

Atsushi Fuseya (Magnet) Araki menambahkan beberapa fasilitas untuk menunjang kegunaan baru fasilitas kolam renang ini menjadi butik

Fasilitas yang berada di Minato Ward, Tokyo, Jepang ini memiliki luas 161,4 m2. Dalam cetak biru, tampak bahwa Araki tidak hanya menyediakan ruang pamer untuk butik, namun juga satu fitting room dan dua ruang penyimpanan stok.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com