Kompas.com - 22/04/2014, 08:47 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Akhirnya, konsultan arsitektur asal Swiss Herzog & de Meuron berhasil merampungkan proyek gubahannya, Morro Arena, di Kota Natal, Rio Grande do Norte, Brazil. Bagunan ini merupakan bagian dari sekolah Dinarte Martiz. Centro Sócio Pastoral Nossa Senhora de Conceição dan Ameropa Foundation secara resmi membuka gedung olah raga yang ada di daerah Mae Luiza tersebut pada awal bulan ini.

Pembangunan fasilitas yang dimulai tahun 2009 lalu tersebut sebenarnya merupakan bagian dari proyek lebih besar. Lingkungan Mae Luiza, tempat gedung olah raga ini berada, semula merupakan hunian informal. Kini, Mae Luiza telah berkembang, dan butuh perencanaan matang dan terarah.

Pusat olahraga Morro Arena merupakan proyek pertama dalam rancangan tata wilayah yang dikembangkan Herzog & de Meuron bersama Centro Sócio Pastoral Nossa Senhora de Conceição.

Morro Arena memiliki kapasitas untuk 350 orang. Bangunan tersebut bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Ruang serbagunanya bisa digunakan untuk menari, ada pula ruang kelas, serta sebuah teras dengan pemandangan laut. Tentu saja, gedung olah raga ini juga memiliki ruang atau lapangan untuk kegiatan olah tubuh, serta ruang loker untuk berganti pakaian.

Para arsitek yang tergabug dalam proyek ini mengungkapkan, ruang olahraga ini merespon kondisi lokal. Identitas dan karakternya dibentuk oleh lanskap unik dan kreativitas komunitasnya. Proyek ini akan menyediakan perlengkapan olah raga bagi para murid dan akan menjadi tempat pertemuan bagi lingkungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.