Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenya Bakal Punya Fasilitas Pendidikan Terpadu Kelas Dunia

Kompas.com - 22/04/2014, 07:41 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Bayangkan kota yang padat dan sibuk, namun di tengah-tengahnya terdapat "surga" penuh tanaman hijau. Rupanya, hal ini dimiliki oleh Nairobi. Lokasinya berbatasan dengan Muthaiga, Gigiri, serta daerah hunian Runda di Nairobi, Kenya.

Hutan cagar alam yang berada di bagian utara Nairobi tersebut juga merupakan daerah potensial untuk berbagai kegiatan. Di lokasi inilah, pusat pendidikan baru hasil desain Boogertman + Partners akan berdiri.

Para arsitek di balik Boogertman + Partners memandang hutan ini sebagai "paru-paru hijau untuk kota Nairobi yang penuh polusi". Tidak hanya mengagumi hutan tersebut, konsultan  arsitektur asal Afrika Selatan ini pun berhasil memenangkan kompetisi desain pusat pendidikan di sana.

Pusat pendidikan yang akan dibangun di Hutan Cagar Alam Karura, Kenya, ini dipersembahkan untuk Karura Forest Environmental Education Trust. Fasilitas bernama Karura Forest Environmental Education Centre (KFEEC) tersebut akan berada tidak jauh dari Kenya Teachers Training College, International Center for Research in Agro-forestry, dan United Nations Environment Programme Headquarters.

Karya Boogertman + Partners mengeksplorasi penggunaan sumber daya alam berkelanjutan. Mereka berusaha membatasi area pembangunan agar tidak mengganggu habitat di sekitar proyek. Boogertman + Partners juga ingin agar pusat pendidikan yang mereka rancang mampu menggunakan air dan energi dengan sangat sangkil.

Boogertman + Partners Tampak udara (mode) Pusat Pendidikan di Hutan Cagar Alam Karura, Kenya untuk Karura Forest Environmental Education Trust. Fasilitas ini didesain oleh praktik arsitektur asal Afrika Selatan, Boogertman + Partners.

Rancangan Boogertman + Partners ini berisi beberapa program. Pertama, KFEEC memiliki sebuah area yang bisa digunakan sebagai tempat pameran permanen. Para pengunjung fasilitas ini bisa mempelajari sejarah dan pentingnya Hutan Karura. Selain itu, KFEEC juga akan memiliki ruang pamer sementara, "e-library" untuk menampilkan berbagai publikasi terbaru mengenai lingkungan hidup setempat, sebuah auditorium, ruang konferensi kecil, kafetaria, dan toko cenderamata.

Boogertman + Partners punya visi untuk membangun "pusat pendidikan berkelas dunia yang memfokuskan diri pada keberlanjutan lingkungan di daerah setempat dengan penekanan pada generasi muda." Lewat desainnya ini, Boogertman + Partners ingin mencoba mengubah sikap masyarakat setempat mengenai konservasi lingkungan. Caranya, lewat program pendidikan. Fasilitas yang mereka rancang ini diharapkan mampu mengedukasi penduduk lewat pelatihan, forum pertukaran pengetahuan, dan memopulerkan gaya hidup "hijau".

Bangunan fasilitas baru yang menarik ini sangat berpotensi menjaring ketertarikan masyarakat sekitar, khususnya kaum muda. Selain fasilitas baru yang canggih, lokasinya juga sangat potensial. Hutan Karura di sekitarnya ternyata memiliki air terjun setinggi 20 meter, gua Mau-Mau, danau, serta jalur sepanjang 50km untuk jogging atau sekadar menikmati pemandangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com