Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba Terbuka, Rumah Ini Bermandikan Cahaya

Kompas.com - 10/04/2014, 06:57 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dezeen
KOMPAS.com - Pola geometris menghiasi teras rumah di pantai selatan Australia. Rumah karya Wolveridge Architects tersebut berhasil meredam sinar matahari, sekaligus memaksimalkannya untuk mempercantik rumah.

Dezeen Blairgowrie House didesain oleh perusahaan asal Australia, Wolveridge Architects.
Rumah ini berada jauh di tepi pantai selatan Australia, tepatnya di daerah Port Phillip Bay. Sama seperti daerah pesisir lainnya, daerah ini beruntung mendapatkan sinar matahari yang sesekali begitu berlimpah. Untuk "meredam" sinar matahari, sekaligus memanfaatkannya sebagai pemanis rumah, Wolveridge Architects menggunakan "layar" berpola geometris dari kayu.

Hampir seluruh bagian rumah ini dibalut oleh kayu berwarna tua. Inilah yang membuat rumah bernama Blairgowrie House tersebut tampak menyatu dengan sekelilingnya.

Dezeen Rumah cantik yang ada di selatan Australia ini memiliki fitur istimewa berupa
Wolveridge Architects mengungkapkan bahwa kayu yang digunakan di seluruh rumah ini umumnya didapat dari hasil daur ulang. "Material pada umumnya merupakan kayu daur ulang, dengan dinding tripleks yang dihitamkan dan sebuah plafon hitam. Unsur ini menonjolkan nikmatnya cahaya dan tampilan pemandangan lanskap eksternal," ujar penyataan para arsitek.  

Ada lagi fakta istimewa mengenai "layar" yang ada di bagian eksterior rumah ini, tepatnya di teras, sebagian eksterior, hingga partisi di dalam rumah. Menurut para arsitek, motif geometris layar tersebut merupakan tribut bagi bata berlubang khas Alistair Knox. Knox adalah desainer yang membuat bangunan salah satu pemilik rumah ini.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com