Kompas.com - 10/04/2014, 06:57 WIB
Blairgowrie House di selatan Australia ini sengaja dibuat agar mampu berpadu serasi dengan lingkungan sekitarnya. DezeenBlairgowrie House di selatan Australia ini sengaja dibuat agar mampu berpadu serasi dengan lingkungan sekitarnya.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Pola geometris menghiasi teras rumah di pantai selatan Australia. Rumah karya Wolveridge Architects tersebut berhasil meredam sinar matahari, sekaligus memaksimalkannya untuk mempercantik rumah.

Dezeen Blairgowrie House didesain oleh perusahaan asal Australia, Wolveridge Architects.
Rumah ini berada jauh di tepi pantai selatan Australia, tepatnya di daerah Port Phillip Bay. Sama seperti daerah pesisir lainnya, daerah ini beruntung mendapatkan sinar matahari yang sesekali begitu berlimpah. Untuk "meredam" sinar matahari, sekaligus memanfaatkannya sebagai pemanis rumah, Wolveridge Architects menggunakan "layar" berpola geometris dari kayu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hampir seluruh bagian rumah ini dibalut oleh kayu berwarna tua. Inilah yang membuat rumah bernama Blairgowrie House tersebut tampak menyatu dengan sekelilingnya.

Dezeen Rumah cantik yang ada di selatan Australia ini memiliki fitur istimewa berupa
Wolveridge Architects mengungkapkan bahwa kayu yang digunakan di seluruh rumah ini umumnya didapat dari hasil daur ulang. "Material pada umumnya merupakan kayu daur ulang, dengan dinding tripleks yang dihitamkan dan sebuah plafon hitam. Unsur ini menonjolkan nikmatnya cahaya dan tampilan pemandangan lanskap eksternal," ujar penyataan para arsitek.  

Ada lagi fakta istimewa mengenai "layar" yang ada di bagian eksterior rumah ini, tepatnya di teras, sebagian eksterior, hingga partisi di dalam rumah. Menurut para arsitek, motif geometris layar tersebut merupakan tribut bagi bata berlubang khas Alistair Knox. Knox adalah desainer yang membuat bangunan salah satu pemilik rumah ini.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.