Jangan Sembarang Pasang Lampu Jalan yang Ekstra Terang!

Kompas.com - 08/04/2014, 19:57 WIB
Proyek pengadaan lampu jalan senilai jutaan Pounsterling di London mendapat kecaman penduduk setempat. Menurut mereka, lampu-lampu berteknologi LED tersebut terlalu terang. DailymailProyek pengadaan lampu jalan senilai jutaan Pounsterling di London mendapat kecaman penduduk setempat. Menurut mereka, lampu-lampu berteknologi LED tersebut terlalu terang.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Ketersediaan listrik merupakan kemewahan yang belum bisa dimiliki sebagian besar penduduk dunia ketiga. Sebaliknya, di belahan dunia lain, melimpahnya pencahayaan justeru menjadi masalah.

Hounslow, salah satu wilayah di London, Inggris, akhir tahun lalu memasang lampu-lampu jalan berteknologi LED. Dailymail.co.uk melaporkan, proyek pemasangan lampu-lampu senilai jutaan Poundsterling itu malah mendapat penolakan penduduk setempat lantaran terlalu terang.

Pemilik rumah di Park Road, Chiswick, dan daerah sekelilingnya sudah mengajukan keluhan mengenai lampu tersebut. Mereka mengungkapkan bahwa sore hari mereka terganggu karena lampu tersebut.

Menurut mereka, lampu-lampu itu membuat mereka susah tidur. Penduduk perlu menggunakan gorden khusus badai yang tebal agar efek lampu tidak terlalu terasa ke dalam rumah mereka.

Kristina Fearnley mengungkapkan kepada BBC, bahwa lampu-lampu itu membuatnya tidak bisa beristirahat bersama keluarga.

"Cahaya yang masuk melalui sisi-sisi jendela, seperti lampu sorot besar yang bersinar ke muka Anda ketika mencoba beristirahat bersama keluarga di malam hari," kata Fearnley.

Fearnley berbagi opini dengan Andy Richards. Richards bahkan mengungkapkan bahwa lampu tersebut membuat suasana seperti Perang Dunia II.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemimpin Deputi Hounslow Council, Cllr Colin Ellar, memberikan pernyataannya sebagai konfirmasi atas penolakan warga tersebut. Dia membenarkan beberapa orang penduduk menolak hal itu. 

"Mereka mengungkapkan pada kami, bahwa lampu jalan baru kami terlalu terang dan istirahat mereka terganggu. Saya bisa bersimpati penuh dengan mereka," ujarnya.

Namun, di sisi lain Ellar juga mengungkapkan bahwa tidak sedikit penduduk yang juga mengungkapkan betapa bahagianya mereka dengan lampu baru ini.

"Ada kemungkinan meredupkan lampu baru ini dan kami akan mencobanya sebentar lagi," imbuhnya. Ellar menimbang bahwa lampu berteknologi LED mampu menghemat pembelanjaan uang pajak penduduk, serta mengurangi tingkat kejahatan. Dengan penyesuaian ini, proyek senilai 800 juta Poundsterling pun tidak sia-sia.



Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X