Mainkan Kursi, Temukan Kepribadian Ruangan!

Kompas.com - 03/04/2014, 19:11 WIB
Ilustrasi memadupadankan kursi di rumah, khususnya di ruang makan. Domainehome.comIlustrasi memadupadankan kursi di rumah, khususnya di ruang makan.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Kombinasi bentuk dan warna kursi di dalam satu ruangan dapat memberikan kepribadian tersendiri pada ruangan tersebut. Menggunakan berbagai furnitur juga sebenarnya lebih hemat lantaran Anda tak perlu lagi membeli furnitur baru.

Berikut ini saran beberapa desainer mengenai cara mudah memadupadankan bermacam kursi di dalam rumah. Salah satunya kita bisa belajar dari rumah milik arsitek Julien De Smedt.

De Smedt menggunakan kursi dari Ikea Urban dan kursi meja makan Hee Welling untuk Hay. Sang arsitek tidak segan memadukan kursi-kursi hasil produksi massal dan karya desainer untuk rumahnya. Kursi-kursi itu tidak hanya berbeda bentuk, namun juga berbeda warna. Untuk ruang makan berdinding putih, berplafon dan berlantai abu-abu, De Smedt berani menggunakan warna oranye, hijau, putih, dan abu-abu.

Cara lainnya Anda bisa mengikuti trik dari desainer Tom Givone. Givone mengatakan, bahwa memadukan barang-barang kuno dan moderen merupakan salah satu jalan sukses membuat ruangan tidak membosankan.

"Harapannya adalah mengkombinasikan elemen kuno dan moderen dalam suatu cara yang bisa meningkatkan keindahan masing-masing barang dengan mengontraskannya satu sama lain," ujar Givone.

www.houzz.com Bayangkan furnitur di ruang tamu, ruang makan, dan kamar tidur di rumah Anda. Untuk mendapatkan suasana yang lebih segar, tukar penempatan barang-barang dengan fungsi serupa.
Desainer dan pemilik rumah terkadang punya ide yang sama mengenai solusi mendesain. Kali ini, pemilik rumah bernama Susanna mengungkapkan pada Dwell bahwa dia punya kriteria tersendiri dalam mengatur ruang makan.

Susanna mengaku lebih suka menggunakan berbagai jenis kursi di ruang makannya. Dengan cara ini, tamu dan keluarganya bisa memilih sendiri kursi atau cara duduk kesukaan mereka. Jika biasanya kursi di ruang makan memiliki sandaran, Susanna memastikan salah satu kursi di ruang makannya memiliki bentuk berbeda (seperti bench atau tempat duduk yang biasa ada di taman, tanpa sandaran punggung).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keempat, para desainer sepakat bahwa warna bisa menjadi penyatu yang efektif. Meski memiliki bentuk berbeda, warna kursi yang sama membuat kumpulan kursi tersebut tampak serasi.

Kelima, cobalah meniru warna-warna yang ada di dalam ruangan pada furnitur untuk membuatnya tidak tampak janggal. Dwell menampilkan sebuah apartemen di Los Angeles yang diisi oleh paduan ekletik berbagai furnitur.

Di dalam apartemen itu tidak hanya bentuk furniturnya yang berbeda-beda. Warnanya pun sangat berbeda. Hanya, warna furnitur tersebut mengulang kembali warna dinding apartemen serta berbagai aksesori di dalam apartemen.

Nah, Anda ingin ikuti trik yang mana?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X