Kompas.com - 02/04/2014, 08:53 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Desainer Ora Ito, baru saja menyelesaikan bioskop sepuluh layar untuk Pathe sebagai bagian dalam pembaruan Centre Beaugrenelle di Paris, Perancis. Gaumont-Pathe merupakan nama rantai dagang bioskop terkenal di negeri mode ini. Khusus karya Ito, lebih menyerupai bandara ketimbang bioskop konvensional.

Ora Ito menyatakan bahwa skema bioskop ini memang dibuat menyerupai area kedatangan penumpang di bandara. Para calon penonton film dibuat santai sebelum menikmati kejutan dan keindahan visual di dalam ruang-ruang bioskop.

Interior bioskop ini begitu ekspansif. Sebelum menonton film, pengunjung bisa menikmati lapangnya area publik yang biasa berisi kios penjual berondong jagung. Mereka juga bisa memanfaatkan kafe dan bengkel kerja (workshop) edukasional yang ada di sana.

Sébastien Veronese untuk Studio ora ïto / Pathé Bioskop ini sengaja dibuat menyerupai bandar udara.
Selain ekspansif, interior bioskop ini juga cantik. Plafon bioskop dihias dengan menggunakan lembaran kayu bergelombang yang disisipkan lampu, serta kamera pengawas. Bagian berplafon kayu memberikan kesan hangat dan "mengundang" bagi para pengunjung.

Tidak hanya nyaman dipandang, desain gedung bioskop ini juga sudah dirancang dengan penuh kehati-hatian untuk memastikan para pengunjung tidak perlu mengantri terlalu lama. Untuk mempermudah pengunjung, dinding-dinding bioskop diberikan warna berbeda dan ditunjang pula oleh pencahayaan.

Pengunjung dengan intuitif tahu jalan menuju ruang yang ditujunya. Selain itu, para pengunjung juga akan disambut dengan berbagai layar elektronik canggih yang menampung poster film serta berbagai informasi lainnya.  

Emosi setiap bagian sengaja dibuat berbeda. Pengunjung yang turun dari bioskop menggunakan eskalator akan disambut dengan koridor berwarna hitam. Kali ini, sang desainer tidak lagi menggunakan bandara sebagai referensi, melainkan menggunakan film bergenre noir (film hitam-putih).


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.