Inilah Rahasia Menata Ruang Keluarga - Kompas.com
Konten ini adalah kerjasama Kompas.com dengan Telkom

BrandzView

Inilah Rahasia Menata Ruang Keluarga

Kompas.com - 01/04/2014, 14:10 WIB
www.houzz.comIlustrasi ruang keluarga yang ditata dengan istimewa, penuh perhatian, dan mampu memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga.

JAKARTA, KOMPAS.com — Keberadaan ruang keluarga di dalam rumah sering kali tertutup oleh "pamor" yang dimiliki dapur dan kamar tidur. Padahal, ruang keluarga adalah salah satu ruang komunal penting yang bisa dimanfaatkan oleh semua anggota keluarga.

Di tempat ini, semua anggota bisa saling berinteraksi, beraktivitas, dan menjalin hubungan yang harmonis. Maka dari itu, Anda perlu menaruh perhatian khusus pada ruang keluarga. Berikut ini beberapa cara membuat ruang keluarga sempurna yang nyaman digunakan oleh semua anggota keluarga.

Pertama-tama, ubah posisi sofa dan tempat duduk lain di ruang tersebut. Seperti dikutip dalam The Nest, cobalah memosisikan sofa Anda menghadap ke pintu masuk atau area "lalu lintas" padat menuju ruang keluarga. Anda tidak perlu menaruhnya betul-betul menghadap pintu masuk, pastikan saja siapa pun yang ada di ruang keluarga bisa dengan mudah melihat pengunjung ruangan tersebut tanpa perlu memutar arah hadap badan.

Anda tetap bebas menempatkan pengaturan sofa di pojok ruangan, di tengah ruangan, atau menempel pada dinding. Yang jelas, pastikan sofa-sofa tersebut diatur mengarah ke pintu masuk agar ruangan tampak lebih "mengundang".

Kedua, cari satu titik fokal di ruang keluarga Anda. Titik fokal ini bisa berupa barang atau salah satu pojok ruangan. Barang ini akan menjadi penarik perhatian. Keluarga atau kerabat yang mengunjungi ruangan tersebut tanpa sadar akan langsung mengarahkan pandangannya pada benda ini. Biasanya, karya seni unik berupa lukisan di dinding atau televisi terpilih menjadi titik fokal ruang keluarga. Berangkat dari sana, Anda bisa mendekor keseluruhan ruangan.

Sebagian orang berpendapat bahwa Anda sebaiknya menutup televisi atau menyembunyikannya di dalam lemari. Kamuflase seperti ini sebenarnya tidak perlu. Desainer Markham Roberts mengungkapkan pada House Beautiful bahwa televisi-televisi yang tersedia saat ini umumnya sudah memiliki bentuk cantik. Pemilik rumah tidak perlu membuang ruang dan energi hanya demi menutupi televisi tersebut.

Dalam hal ini, teknologi bisa memegang peranan penting membuat ruang keluarga Anda lebih nyaman. Jadikan saja siaran televisi menjadi bagian dari daya tarik ruang keluarga Anda.

Deputy Executive General Manager Divisi Telkom Barat PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk, S Susatyo mengungkapkan bahwa biasanya anak-anak kecil enggan berkumpul bersama orangtuanya karena mereka ingin menonton acara televisi.

"Dengan teknologi yang tersedia sekarang ini, pemilik rumah tidak lagi didikte oleh siaran televisi. Pemilik rumah, termasuk anak-anak, bisa memilih dan menonton acara kesukaannya ketika berkumpul bersama orangtuanya. Mereka tidak perlu lagi risih menghabiskan waktu bersama keluarga," ujarnya.

Sementara itu, para orangtua pun bisa menyaksikan acara kesukaan setelah anak-anak tertidur. Fitur seperti ini sudah tersedia di beberapa layanan televisi kabel dan satelit. Fitur seperti ini sudah tersedia pada layanan televisi interaktif berbasis IP.

Ketiga, pastikan kenyamanan anggota keluarga Anda lebih sempurna ketika berada di ruang keluarga. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, misalnya, berikan pencahayaan yang nyaman di mata, menempatkan karpet agar lantai tidak dingin dan anak-anak bisa bermain di atasnya, serta mengatur suhu udara di ruangan tersebut menggunakan pendingin udara.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorHilda B Alexander
Komentar