Seperti Inilah, Rumah Idaman...

Kompas.com - 29/03/2014, 09:49 WIB
Rumah pintar ini berbasis teknologi iPad. www.dailymail.co.ukRumah pintar ini berbasis teknologi iPad.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

 


KOMPAS.com -
Tempat tinggal belum terasa seperti "rumah" jika Anda sendiri merasa ada hal-hal belum terpenuhi di dalamnya. Coba ambil sedikit waktu di sela-sela kesibukan Anda untuk menyadari bagian yang rumpang itu. Jika sulit, Kompas.com sudah mengumpulkan daftar hal-hal penting sebaiknya tersedia atau dipenuhi di rumah Anda.

Tempat tinggal tidak hanya dilihat dari estetikanya. Sebagus apapun fasad dan interior rumah, seyogianya bangunan rumah harus mampu melindungi penghuninya dari cuaca, bahkan dari bencana.

Struktur kuat adalah hal penting. Begitu juga dengan keamanan saluran air, saluran pembuangan, dan instalasi listriknya. Hal-hal mendasar dan penting ini tidak hanya perlu tersedia, namun juga harus rapih dan terjamin keamanannya bagi penghuni rumah. Jika hal-hal itu belum terpenuhi, tidak heran Anda akan merasa janggal tinggal di rumah tersebut.

Selain hal-hal penting itu, coba kembali memperhatikan keadaan fisik rumah Anda, khususnya mengenai sirkulasi udara dan cahaya matahari. Kurangnya jendela bisa berakibat fatal. Sirkulasi udara tidak berputar dengan baik, cahaya pun jumlahnya sangat terbatas.

Selanjutnya, perhatikan pula pencahayaan buatan di dalam rumah. Memberikan lapisan cahaya degan menggunakan beberapa sumber cahaya atau lampu bisa membuat mata Anda lebih nyaman, dan kegiatan pun lebih mudah dilakukan di rumah pada malam hari.

Rumah yang nyaman pun tidak perlu berukuran besar. Seberapa pun ukuran rumah Anda, yang terpenting adalah pemenuhan fungsinya sebagai tempat tinggal, beristirahat, berkegiatan, dan tempat berkumpul seluruh anggota keluarga.

Di tempat ini anak-anak Anda akan tumbuh, belajar, dan berkembang. Berikan dan persiapkan ruang bagi setiap kegiatannya. Ruang untuk belajar, bermain, dan beristirahat pun tidak perlu satu ruangan khusus. Menyediakan area di pinggir kamar pun sudah cukup.

Kemudian, pastikan persediaan kebutuhan penghuninya terpenuhi. Makanan, minuman, obat-obatan, suplemen, kebutuhan sanitasi pribadi, kebutuhan kosmetik, serta kebutuhan yang berhubungan dengan pendidikan, seperti buku dan alat tulis pun harus dipenuhi.

Terakhir, hiburan di rumah juga harus memadai. Jika dulu keluarga-keluarga bisa sekadar berkumpul bersama tanpa perlu ada alasan yang jelas, kini kita harus akui bahwa keadaan dewasa ini begitu berbeda. Masing-masing anggota keluarga butuh hiburan dan informasi. Dengan menyediakan hiburan dan sumber informasi di rumah, maka anggota keluarga pun bisa berkumpul di rumah meski sehari-hari punya kesibukan pribadi.

Anda bisa menyediakan fasilitas canggih dan pintar di rumah Anda, misalnya dengan menggunakan layanan INDIHome. INDIHome dari Telkom Indonesia sudah mencangkup telepon rumah, Speedy True Broadband, UseeTVCable, Speedy Monitoring, Speedy Storage, Melon (Melody Online untuk mengakses musik), dan Trend Micro (layanan pengaman internet untuk pelanggan Speedy).

INDIHome berbasis akses broadband. Program ini mendukung gaya hidup digital sebuah rumah tangga mutakhir. Coba penuhi dahulu semua kriteria ini. Kemudian, rasakan bedanya tempat tinggal Anda sebelum dan sesudah kebutuhan Anda dipenuhi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X