Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Jepang Incar Apartemen Bekasi

Kompas.com - 28/03/2014, 15:25 WIB
Hilda B Alexander

Penulis


BEKASI, KOMPAS.com - 
Pengembang yang berbasis di Tokyo, Jepang, Marimo Co. Ltd., melalui PT Marimo Property, tertarik memperluas bisnis di Indonesia. Kota yang mereka incar adalah Bekasi. 

Menurut President Director PT Marimo Property, Yasuhiko Kawai, Bekasi punya potensi pasar luar biasa besar. Kebutuhan akan hunian kian meningkat saat perusahaan-perusahaan besar macam Toyota, Astra, Samsung, berekspansi dengan mengembangkan industri (pabrik) baru di kota ini.

"Para pekerja di perusahaan-perusahaan tersebut tentunya membutuhkan hunian. Jadi kami tertarik membangun hunian, khususnya apartemen di kota Bekasi," ujar Kawai kepada Kompas.com, Jumat (28/3/2014).

Langkah pertama yang mereka lakukan adalah membeli apartemen sebanyak 48 unit dan perkantoran M Gold Tower milik PT Metropolitan Land Tbk.

"Selanjutnya, kami akan bekerjasama dengan Metland guna mengembangkan properti serupa di Bekasi. Ada pun lahannya, masih kami cari di lokasi yang tepat. Kami berharap proyek perdana ini direalisasikan dalam waktu dekat," jelas Kawai.

Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk, Nanda Widya, membenarkan rencana pengembang Jepang tersebut. Menurutnya, saat ini pembicaraan serius sudah meningkat pada tahap pencarian lahan. 

"Mereka sangat antusias dengan kota Bekasi. Pasalnya, Bekasi punya banyak kawasan industri yang diisi oleh perusahaan-perusahaan besar baik nasional maupun multinasional. Terlebih raksasa Jepang, seperti Toyota, memperluas basis usahanya di sini. Perusahaan lainnya asal Korea Selatan, dan Asia Tenggara, juga ikut membuka pabrik barunya di sini. Jadi, kami berencana mebangun hunian vertikal untuk para ekspatriat tersebut," tandas Nanda.

Marimo Co.Ltd., merupakan pengembang dengan fokus bisnis pada pembangunan kondominium dan apartemen. Sebelumnya, mereka telah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam bisnis arsitektur dan desain. 

Hingga saat ini, Marimo telah memproduksi ribuan unit kondominium di seluruh Jepang. Mereka membangun 7 kondominium di Hokaido, 15 kondominium di Tohoku, 69 proyek sejenis di Kanto, 60 gedung apartemen di Kinki, Tokai, 22 bangunan vertikal di Shikoku, 19 kondominium di Kyushu, dan 66 hunian jangkung di Chungko serta 44 bangunan di Koshinetsu, Hokiriku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com