Kompas.com - 24/03/2014, 14:08 WIB
Layanan tersebut juga menggunakan kode akses yang singkat dan mudah diingat, yakni “2409?. Kode tersebut merupakan penyatuan berbagai layanan SMS Pertanahan yang telah ada di masing-masing Kantor Pertanahan dengan nomor akses berbeda-beda. www.shutterstock.comLayanan tersebut juga menggunakan kode akses yang singkat dan mudah diingat, yakni “2409?. Kode tersebut merupakan penyatuan berbagai layanan SMS Pertanahan yang telah ada di masing-masing Kantor Pertanahan dengan nomor akses berbeda-beda.
EditorLatief
KOMPAS.com — Layanan informasi mobile berbentuk layanan SMS informasi pertanahan dengan kode akses "2409" merupakan salah satu bentuk inovasi layanan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Ini dilakukan BPN untuk terus mencari bentuk-bentuk perbaikan mutu pelayanan.

Inovasi tersebut diharapkan memudahkan masyarakat yang sedang berurusan dengan kantor pertanahan untuk mengetahui perkembangan urusannya, tanpa harus datang ke kantor pertanahan. Dengan layanan ini pula, masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi biaya layanan dan menyampaikan pengaduan tentang layanan pertanahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memang, Anda tak perlu langsung datang ke kantor BPN dan harus kehilangan banyak waktu dan biaya. Layanan ini dapat diakses dari mana pun dan tersedia selama 24 jam.

Biayanya relatif murah, yaitu hanya Rp 350 untuk setiap SMS. Biaya tersebut dibebankan langsung ke pulsa pengirim SMS. Biaya ini berlaku sama untuk semua jenis penyedia layanan telekomunikasi.

Layanan tersebut juga menggunakan kode akses yang singkat dan mudah diingat, yakni "2409". Kode tersebut merupakan penyatuan berbagai layanan SMS pertanahan yang telah ada di tiap-tiap kantor pertanahan dengan nomor akses berbeda-beda.

Berdasarkan situs www.bpn.go.id, angka "2409" merepresentasikan tanggal dan bulan lahirnya Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA), yakni 24 September 1960. SMS Informasi Pertanahan diklaim sebagai wujud nyata BPN baru dengan semboyan pelayanan pertanahan yang cepat, murah, sederhana, pasti, dan tidak KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme).

Untuk memperoleh informasi melalui SMS "2409", caranya cukup sederhana. Anda hanya perlu mengirim SMS ke nomor khusus "2409" dengan mengetikkan kata kunci sesuai format yang disediakan. Dengan begitulah, informasi yang diinginkan akan segera diperoleh dengan mudah, cepat, dan murah.

Informasi selengkapnya, silakan kunjungi situs BPN.

Sumber: Badan Pertanahan NasionalDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.