Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berhemat Bisa Dimulai dari Kamar Tidur

Kompas.com - 15/03/2014, 11:04 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber brightness
KOMPAS.com - Siapa sangka, menghemat pengeluaran bisa dimulai dari kamar tidur. Bagaimana caranya? Lakukan cara mudah berikut ini: 

Pertama-tama, gunakan sensor gerak pada kamar tidur Anda. Sensor gerak akan menyalakan lampu secara otomatis ketika mendeteksi gerakan, sebaliknya, ketika sensor tidak mendeteksi adanya gerakan, sensor akan secara otomatis mematikan lampu. Gunakan sensor ini hanya pada kamar tidur yang benar-benar menjadi tempat istirahat. Jika anak Anda menggunakan kamar sebagai tempat bermain, sebaiknya gunakan saja lampu hemat energi.

Kedua, pastikan Anda membeli matras berkualitas baik. Membeli matras berkualitas istimewa dengan harga yang cukup mahal jauh lebih efisien ketimbang membeli matras murah, namun mudah rusak. Pembelian matras umumnya hanya dilakukan pemiliknya dalam beberapa tahun sekali, bahkan mungkin hanya sekali seumur hidup. Jauh lebih hemat ongkos dan tenaga. Selain itu, matras berkualitas pun membuat badan sehat, serta istirahat Anda sempurna.

Ketiga, cari penarik perhatian di kamar tidur Anda jika ingin mengubah tampilannya. Mengganti satu furnitur istimewa akan lebih efisien ketimbang mengganti banyak furnitur. Lagipula, ternyata hanya mengubah bedcover saja ternyata sudah bisa mengubah tampilan kamar tidur Anda!

Keempat, rawatlah barang-barang di dalam kamar tidur Anda! Meski tampak sederhana, merawat barang-barang dengan mencucinya, menghindarinya dari debu, dan tidak menaruhnya secara sembarangan bisa memperpanjang "umurnya".

Terakhir, buat kamar Anda terang tanpa perlu menggunakan banyak energi listrik. Cat dinding kamar dengan warna terang, buka jendela setiap pagi, serta tempatkan lampu task atau lampu baca di sudut kamar. Ketika diperlukan, cukup menyalakan lampu ini dan cahayanya pun dengan mudah terpantul oleh dinding dan cermin di kamar Anda.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber brightness
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com