Tak Perlu Tukang, Perbaiki Sendiri Kerusakan Kecil di Rumah!

Kompas.com - 12/03/2014, 10:41 WIB
Ilustrasi dalam mengatasi berbagai masalah di rumah. Hallie Burton / France Ruffenach / Hallie BurtonIlustrasi dalam mengatasi berbagai masalah di rumah.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Kerusakan atau gangguan kecil di rumah, seperti pintu yang sulit terbuka, lantai kayu berderit, atau stiker sulit dilepas, tentu tidak membutuhkan tenaga ahli untuk menyelesaikannya. Anda pun bisa melakukannya.

Sebagai pemilik rumah, Anda harus mengusahakannya sendiri. Berikut ini beberapa cara mudah menyelesaikan masalah kecil di rumah.

Pertama, jika membuka pintu rumah terasa sulit, Anda membutuhkan WD-40. Semprot sedikit WD-40 pada engsel pintu, kemudian buka dan tutup pintu agar pelumasnya bekerja dengan baik.

www.shutterstock.com Kedua, jika lantai kayu di rumah Anda berderit, Anda bisa menaburkan bedak tabur di atas area yang berbunyi. Kemudian, sapu hingga bedak tabur tersebut masuk ke dalam retakan.

Kedua, jika lantai kayu di rumah Anda berderit, Anda bisa menaburkan bedak tabur di atas area yang berbunyi. Kemudian, sapu hingga bedak tabur tersebut masuk ke dalam retakan. Sebelum mempelitur kembali lantai kayu tersebut, pastikan Anda membersihkan bekas-bekas bedak tabur sepenuhnya dari permukaannya.

Ketiga, jika wallpaper di rumah mulai mengelupas, Anda membutuhkan sebuah pisau, kertas, dan perekat wallpaper. Gunakan pisau utuk meratakan perekat wallpaper ke permukaan kertas. Gosok kertas tersebut di bagian wallpaper yang mengelupas. Tekan bagian wallpaper dengan kertas masih menempel di bawahnya pada permukaan dinding. Tarik kertas, kemudian ratakan wallpaper hingga tak ada lagi buih udara terperangkap di dalamnya.

Keempat, jika chandelier di rumah Anda sudah berdebu, maka Anda perlu segera membersihkannya. Matikan lampu tersebut, biarkan dingin, kemudian bersihkan dengan menggunakan sarung tangan katun.

Pastikan satu sarung tangan Anda kering, dan sarung tangan lainnya dibuat lembab dengan menggunakan pembersih kaca. Jika chandelier Anda terbuat dari kristal, gunakan campuran alkohol dan air distilasi (1:3). Seka setiap bagian dengan sarung tangan lembab dan keringkan dengan sarung tangan kering.

Kelima, gunakan kembali WD-40 Anda untuk melepaskan stiker hias dari kamar mandi Anda, khususnya di permukaan bath tub. Semprotkan WD-40 ke permukaan stiker dan area di sekelilingnya. Sedikit demi sedikit angkat bagian pinggir stiker dan semprotkan kembali agar masuk ke bagian bawah stiker. Angkat stiker tersebut dengan kartu kredit tidak terpakai. Terakhir, bersihkan permukaan bekas tempat melekatnya stiker dengan sabun cuci piring.

Selamat bekerja!

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X