Kompas.com - 07/03/2014, 16:17 WIB
Dua mahasiswa Universitas Huddersfield mendesain Iota, kloset yang bisa dilipat. Mahasiswa asal Inggris tersebut mengaku telah menciptakan kloset yang lebih hemat air dari kloset standar. Gareth Humphreys / Elliot Whitely Dua mahasiswa Universitas Huddersfield mendesain Iota, kloset yang bisa dilipat. Mahasiswa asal Inggris tersebut mengaku telah menciptakan kloset yang lebih hemat air dari kloset standar.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Satu lagi penemuan baru di bidang perlengkapan kamar mandi. Duet mahasiswa asal Inggris yang mengenyam pendidikan di Universitas Huddersfield menemukan kloset hemat tempat dan air. Kloset tersebut bernama Iota.

Latar belakang penemuan ini adalah kian mungilnya ukuran rumah di kota besar. Gareth Humphreys dan Elliott Whiteley mempertimbangkan, ukuran kamar mandi pun akan semakin kecil. Jika ukuran kloset tetap, ruang gerak penggunanya pasti semakin terbatas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Toilet biasa punya banyak masalah, salah satunya adalah penggunaan air berlebihan yang tercipta berkat kebutuhan menggunaan air untuk mendorong kotoran di sekitar 'jebakan air' agar hanya tersisa air bersih di 'jebakan' tersebut," terang Humphreys dan Whiteley. "Kloset konvensional juga sangat besar, efeknya luar biasa pada kamar mandi berukuran kecil.

Sebaliknya, Iota hanya membutuhkan ruang satu per tiga dari luas yang biasa dibutuhkan kloset konvensional. Pasalnya, kloset ini bisa dilipat jika sedang tidak digunakan. Selain itu, Iota juga hemat air. Menurut Humphreys dan Whiteley, kloset hasil desain mereka hanya membutuhkan dua setengah liter air sekali siram. Sementara, kloset konvensional membutuhkan enam liter air.

Iota mampu bekerja dengan baik karena mangkuk kloset (toilet bowl) dilengkapi dengan saluran U yang secara otomatis terlepas dari pipa pembuangan dalam posisi duduk. Ketika penggunanya menyiram (flush) toilet ini dengan cara melipatnya ke posisi tegak lurus, saluran U tadi kembali tersambung.

Agar limbah tidak bocor, Iota dilengkapi dengan segel kedap udara. Sementara, rangka internal menahan mangkuk kloset dengan memanfaatkan mekanisme engsel geser dan rol dari nilon.

Sayangnya, penemuan mahasiswa ini masih dalam tahap konsep. Namun, Gareth Humphreys dan Elliott Whiteley sudah mendaftarkan patennya. Desain ini termasuk dalam The Royal Society for the encouragement of Arts, Manufactures and Commerce (RSA) Student Design Awards, khususnya kategori mereka ulang toilet.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.