Kompas.com - 07/03/2014, 15:08 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Desainer asal Afrika Selatan Michael Sutter menemukan solusi penerangan bagi rumah-rumah tanpa listrik di pedalaman. Dengan memanfaatkan alat bertenaga matahari,  rumah-rumah tersebut bisa tetap terang tanpa perlu menunggu adanya instalasi listrik di daerah mereka. Daerah-daerah konflik, daerah miskin, dan terpencil bisa sangat terbantu.

Sutter menamakan alat temuannya "The Lightie". Alat berbentuk tabung tes ini tidak hanya ramah lingkungan, namun juga terjangkau. Penggunanya hanya perlu memasukkan tabung tersebut dalam botol soda plastik berisi air.

Michael Suttner Penampilan "The Lightie" di dalam botol minuman soda.
Alat ini berisi panel surya dan baterai yang bisa diisi ulang. Baterai mampu menyimpan energi  hanya setelah lima sampai delapan jam paparan sinar matahari. Sementara itu, di bagian ujung alat terdapat lampu LED 300 Lumens CREE. Lampu ini bisa menyala selama tiga jam jika diatur dalam tingkat cahaya yang paling terang. Sementara, jika hanya disetel 120 Lumens, lampu bisa digunakan antara enam sampai delapan jam.

Penemuan ini tergolong penting, bukan hanya kosmetis atau "gagah-gagahan" di dunia desain. Pasalnya, "The Lightie" termasuk dalam daftar pendek LEXUS Design Award 2014.

Sang kreator mengungkapkan, "The Lightie adalah sebuah penemuan, yang saya harap akan menjadi pengganti bagi pencahayaan berbasis parafin. Setiap tahun, asap dan api dari lampu (parafin) membunuh setidaknya 1,5 juta orang di seluruh dunia, umumnya perempuan dan anak-anak. Jutaan lainnya menderika penyakit paru-paru dan gangguan pernapasan lainnya. Namun, pencahayaan tersebut tetap menjadi pilihan utama karena daya beli dan ketersediaan alat."


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.