Kompas.com - 05/03/2014, 14:02 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Panel surya tak selalu dipasang di atap rumah. Selain menyerap energi, panel surya bisa dipasang sebagai fasad yang cantik melindung rumah dari panas langsung sinar matahari.

www.designboom.com Bernstrand menggunakan sistem modular yang mengintegrasikan panel surya ke bagian depan bangunan tempat tinggal. Mereka menggunakan awning, jendela, serta balkon sebagai tempat memasang panel surya.
Itulah yang dilalukan Studio Bernstrand, studio arsitek berbasis di Stockholm, Swedia. Bernstrand menggunakan sistem modular yang mengintegrasikan panel surya ke bagian depan bangunan tempat tinggal. Mereka menggunakan awning, jendela, serta balkon sebagai tempat memasang panel surya. Selain menjadi perisai dari panas matahari, pada saat yang sama panel ini menangkap banyak energi matahari untuk disimpan.

www.designboom.com Selain menjadi perisai dari panas matahari, pada saat yang sama panel ini menangkap banyak energi matahari untuk disimpan.
Desain dan penempatan potongan panel surya itu didasarkan jumlah maksimum sumber cahaya matahari yang menerpa. Bernard memanfaatkan matahari lewat jendela yang membuka dan menutup, melalui awning bergerak masuk dan keluar, serta teras atau balkon yang aktif dipenuhi cahaya matahari.

Modul yang disiapkan terdiri dari tiga jenis, yaitu balkon depan, awning, serta jendela pada semua jendela. Balkon dibangun untuk mencegah bayangan matahari di jendela dengan bukaan 400 mm di sisi rumah. Sementara itu, awning diposisikan di atas jendela dan dapat terus disesuaikan untuk memberikan pilihan seberapa maksimal sinar matahari mencapai balkon.

www.designboom.com Bernard memanfaatkan matahari lewat jendela yang membuka dan menutup, melalui awning bergerak masuk dan keluar, serta teras atau balkon yang aktif dipenuhi cahaya matahari.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.