Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lemari Tanpa Pintu, Solusi Efektif Dapur Rapi

Kompas.com - 04/03/2014, 15:49 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Lemari dapur tanpa daun pintu, atau yang lebih sering disebut dengan open cabinets, mulai menjadi solusi alternatif sebagai ruang penyimpanan. Sayangnya, lemari semacam ini berisiko membuat dapur tampak berantakan.

Anda harus mengerahkan tenaga ekstra dalam memilih dan merapikannya. Simak beberapa cara yang diambil dari Brightnest dan Domaine berikut ini dalam mengatur lemari terbuka penuh gaya.

Pertama, Anda bisa menaruh perlengkapan makan yang cantik dan tidak terpakai di lemari ini. Gunakan bantuan velcro untuk merekatkan piring-piring hias yang tidak terpakai di dinding rak. Meski tidak membantu dalam penyediaan ruang penyimpanan, cara ini bisa membuat tamu Anda terkesan dengan tampilan dapur yang cantik.

Kedua, pilih barang-barang yang bisa Anda letakkan dalam lemari tersebut. Karena terbuka, isi lemari mudah terlihat. Pilih barang yang cantik dan dalam kondisi baik. Singkirkan perlengkapan makan yang menurut Anda tidak tampil menarik. Letakkan barang-barang tersebut di lemari tertutup. Cara ini membuat lemari dapur enak dilihat, rapi, dan menambah daya tarik dapur.

Setelah memilih, langkah selanjutnya adalah mengelompokkan barang tersebut. Letakkan sesuai jenisnya di dalam lemari. Misalnya, kumpulkan piring-piring di satu sisi, gelas di sisi lainnya, dan bahan mentah di area yang masih tersisa.

Ketiga, lemari dapur tanpa daun pintu juga bisa Anda manfaatkan sebagai tempat menyimpan bahan mentah dan bumbu dapur. Gunakan toples-toples beling klasik untuk menyimpan bahan-bahan mentah tersebut, kemudian jejerkan dalam lemari. Beras, gula, biji-bijian, dan pasta yang Anda simpan untuk memasak berfungsi ganda sebagai ornamen di dapur.

Keempat, tambahkan warna untuk menambah keindahan rak. Warnai bagian dalam rak. Gunakan cat untuk membuatnya lebih menarik. Anda juga bisa menggunakan wallpaper dan kertas kado.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com