Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2014, 14:19 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Ruang keluarga termasuk salah satu ruang di dalam rumah yang paling sering digunakan seluruh anggota keluarga. Uniknya, tidak semua orang merasa percaya diri ketika merancang pengaturan ruang ini.

Untuk itu, infografis yang disiapkan oleh blog FurnishedUp bisa membantu Anda mengatur ruang keluarga. Berikut ini caranya.

Ada lima pengaturan umum ruang keluarga. Setiap pengaturan akan memberikan efek tersendiri. Coba sesuaikan dengan kebutuhan keluarga Anda.

Pengaturan ruang keluarga pertama memiliki satu titik fokal di dalamnya. Di rumah-rumah orang Indonesia, umumnya televisi menjadi titik fokal dalam ruang keluarga. Sebenarnya, titik fokal bisa juga barang lain, seperti rak buku.

Atur tempat-tempat duduk agar mengarah ke titik fokal tersebut. Untuk mengadaptasi pengaturan ini, coba geser sofa atau menambahkan bantal di lantai. Agar semua anggota keluarga bisa menikmati sajian televisi, pastikan Anda saling berkomunikasi satu sama lain.

Pengaturan kedua menekankan pada percakapan. Biasanya, untuk keluarga-keluarga yang tidak lagi mementingkan siaran televisi dan lebih memedulikan kebersamaan, pengaturan seperti ini lebih cocok bagi mereka.

Kunci mengatur ruang keluarga dengan cara seperti ini adalah membuat lingkaran dari sofa dan kursi-kursi di ruang tamu. Pengaturan ini membuat semua anggota keluarga bisa saling bertatap muka dan berbincang. Selain itu, cocok pula bagi Anda yang suka mengadakan arisan atau pesta di rumah. Pastikan saja ada ruang untuk berjalan di belakang sofa, tujuannya agar ketika percakapan sedang terjadi, Anda tidak perlu menghalangi percakapan tersebut.

Pengaturan ketiga tampaknya cocok bagi Anda yang punya anak kecil. Dalam pengaturan ini, Anda bisa menyediakan "ruang" bermain anak yang dilapisi dengan karpet. Batasi ruang bermain dan area duduk dengan meja kopi. Sekilas, pengaturannya mirip dengan cara pengaturan ruang keluarga pertama. Hanya, ruang di antara meja kopi dan televisi bisa Anda isi dengan karpet.

Siapkan tempat untuk menyimpan mainan anak. Anda bisa menaruhnya dengan rapi di bawah meja kopi atau di sisi sofa.

Keempat, Anda juga bisa memfokuskan diri pada keseimbangan visual. Jadikan meja kopi sebagai titik pusat. Kemudian, letakkan sofa di kanan, kiri, serta kedua sisi lainnya.

Kelima, selain menyediakan keseimbangan visual, Anda juga bisa membuat ruang keluarga tampak simetris. Semakin simetris, mulai dari pengaturan sofa, karya seni, dan lampu, ruang keluarga tampil semakin formal. Kebalikannya, semakin tidak simetris, ruang terasa lebih kasual.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+