Kompas.com - 03/03/2014, 08:51 WIB
Ilustrasi. Debu bisa memicu berbagai reaksi alergi. Membuat kamar bebas debu sebenarnya mudah. Francesco Lagnese Ilustrasi. Debu bisa memicu berbagai reaksi alergi. Membuat kamar bebas debu sebenarnya mudah.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Debu memicu reaksi alergi. Padahal, debu yang menumpuk mudah ditemukan di kamar tidur. Sebagai pemilik rumah, Anda perlu menjaga agar kamar tidur Anda, anak, dan kamar tamu bebas dari debu. Ada beberapa cara mudah membuat kamar Anda bebas debu. Berikut ini contohnya.

Pertama, cuci sarung bantal dan seprai setidaknya setiap minggu sekali. Jika enggan melakukan banyak hal untuk menghilangkan debu, jadikan hal ini prioritas Anda. Pastikan tungau debu tidak lagi tersangkut pada sarung bantal dan seprai Anda. Caranya, gunakan air hangat dalam mencuci seprai dan sarung bantal.

Kedua, usahakan kamar tidur tidak memiliki banyak detil ukiran, tumpukan barang, dan furnitur. Fitur-fitur tersebut akan membuat kamar memiliki banyak permukaan. Lebih banyak permukaan, berarti lebih banyak kesempatan menumpuknya debu. Jangan hanya menggunakan kemoceng ketika membersihkan debu di permukaan kamar Anda. Gunakan juga kain serat mikro yang bersih dan lembab untuk membersihkan debu.

Ketiga, pastikan lantai Anda bersih. Sapu lantai kamar setiap hari, singkirkan pakaian kotor dari kamar, dan jangan lupa bersihkan karpet secara berkala.

Keempat, minimalisasi penggunaan sofa di kamar. Debu dan tungau debu lebih senang berada di dalam benda-benda seperti sofa. Jika membutuhkan tempat duduk di dalam kamar, gunakan material seperti kayu atau plastik. Perhatikan juga pakaian Anda. Daripada menggunakan gantungan baju yang mengekspos baju, gunakan saja kontainer. Dengan cara ini, baju pun tidak berdebu.

Kelima, buat kamar tidur terlarang bagi sepatu, hewan peliharaan, dan berbagai mainan hewan peliharaan.  Hal-hal ini berpotensi memasukkan banyak kotoran dalam kamar tidur.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.