Kompas.com - 03/03/2014, 07:40 WIB

KOMPAS.com - Kantung belanjaan di pasar swalayan bukan satu-satunya benda yang bisa dirancang khusus agar terurai dalam jangka waktu tertentu (biodegradable). Desainer asal Brooklyn, New York, Amerika Serikat, Danielle Trofe membuat "Mush-Lume", lampu meja ramah lingkungan berkarakter serupa.

Trofe menggunakan bahan-bahan organik yang berkelanjutan dan mudah terurai, seperti sekam, biji-bijian, batang jagung, dan jamur miselium sebagai bahan baku lampu mejanya. Jamur miselium menjadi agen pengikat bahan-bahan lain. Semua bahan ini kemudian dicetak hingga membentuk tudung lampu meja.

Trofe menggunakan metode inovatif dalam membuat lampu jamurnya. Sang desainer menyampurkan bahan-bahan alami dalam cetakan. Kemudian, dia membiarkan jamur tumbuh selama tujuh hari. Setelah itu, memanaskannya di dalam oven hingga pertumbuhan jamur terhenti.

Proses sederhana tersebut akan menghasilkan tudung lampu meja alami. Untuk membuatya berdiri, Trofe menyambungkan tudung tersebut dengan kayu dan beton yang telah dibentuk.

"Bagi saya, ini adalah hal penting," ujar Trofe. "Ini adalah masa depan furnitur dan industri pencahayaan. Bendanya tidak akan terurai ketika Anda gunakan di ruang tamu. Namun, ketika Anda memecah-mecahkan dan mengomposnya, Anda menambahkan nutrisi pada tanah."

Hingga saat ini, Trofe masih mencari kesempatan untuk meluncurkan lampu buatannya. Dia juga tengah mengirimkan pengajuan pada perusahaan manufaktur raksasa untuk memperluas kapasitas produksi lampu-lampu "Mush-Lume". Lewat penemuannya ini, Trofe ingin menciptakan produk yang terjangkau oleh masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.