Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penemuan Baru, Lampu Meja dari Jamur!

Kompas.com - 03/03/2014, 07:40 WIB
Tabita Diela,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kantung belanjaan di pasar swalayan bukan satu-satunya benda yang bisa dirancang khusus agar terurai dalam jangka waktu tertentu (biodegradable). Desainer asal Brooklyn, New York, Amerika Serikat, Danielle Trofe membuat "Mush-Lume", lampu meja ramah lingkungan berkarakter serupa.

Trofe menggunakan bahan-bahan organik yang berkelanjutan dan mudah terurai, seperti sekam, biji-bijian, batang jagung, dan jamur miselium sebagai bahan baku lampu mejanya. Jamur miselium menjadi agen pengikat bahan-bahan lain. Semua bahan ini kemudian dicetak hingga membentuk tudung lampu meja.

Trofe menggunakan metode inovatif dalam membuat lampu jamurnya. Sang desainer menyampurkan bahan-bahan alami dalam cetakan. Kemudian, dia membiarkan jamur tumbuh selama tujuh hari. Setelah itu, memanaskannya di dalam oven hingga pertumbuhan jamur terhenti.

Proses sederhana tersebut akan menghasilkan tudung lampu meja alami. Untuk membuatya berdiri, Trofe menyambungkan tudung tersebut dengan kayu dan beton yang telah dibentuk.

"Bagi saya, ini adalah hal penting," ujar Trofe. "Ini adalah masa depan furnitur dan industri pencahayaan. Bendanya tidak akan terurai ketika Anda gunakan di ruang tamu. Namun, ketika Anda memecah-mecahkan dan mengomposnya, Anda menambahkan nutrisi pada tanah."

Hingga saat ini, Trofe masih mencari kesempatan untuk meluncurkan lampu buatannya. Dia juga tengah mengirimkan pengajuan pada perusahaan manufaktur raksasa untuk memperluas kapasitas produksi lampu-lampu "Mush-Lume". Lewat penemuannya ini, Trofe ingin menciptakan produk yang terjangkau oleh masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com