Ingat-ingat Lagi, Kapan Terakhir Kali Anda Memperbaiki Rumah?

Kompas.com - 28/02/2014, 20:30 WIB
Ilustrasi. Sebagai pemilik rumah, tentu berbagai kemampuan dasar merawat rumah harus dikuasai. Jangan sampai, hanya kebutuhan kosmetik tampilan rumah saja yang dikuasai. Ilustrasi. Sebagai pemilik rumah, tentu berbagai kemampuan dasar merawat rumah harus dikuasai. Jangan sampai, hanya kebutuhan kosmetik tampilan rumah saja yang dikuasai.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief

KOMPAS.com — Sebagai pemilik rumah, ada baiknya Anda mempelajari hal-hal sederhana yang bisa membantu Anda merawat rumah. Menyambut akhir pekan esok hari, Anda pun dapat segera mengisi waktu luang dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

Hal pertama sebaiknya dikuasai oleh pemilik rumah adalah kemampuan bercocok tanam. Bahkan, Anda bisa mempelajari keterampilan menanam dan merawat pohon jika halaman di sekitar rumah cukup besar.

Seperti dikutip Brightnest.com, ketika musim hujan mereda, dan di siang hari matahari terasa menyinari rumah terus-menerus, pohon mampu membuat rumah dan halaman terasa sejuk. Namun, berhati-hatilah ketika merawat tanaman di musim penghujan. Meski baik untuk tanaman, terlalu banyak jumlah air pun berbahaya.

www.shutterstock.com Jika Anda memperbaiki atap rumah hari ini, sepuluh tahun dari sekarang, Anda mungkin lupa kapan tepatnya memperbaiki atap tersebut.

Kedua, pastikan Anda tahu betul apa yang terjadi di rumah, termasuk mengetahui kondisi fisik, kerusakan, serta kebutuhan perbaikan. Jika Anda memperbaiki atap rumah hari ini, sepuluh tahun dari sekarang, Anda mungkin lupa kapan tepatnya memperbaiki atap tersebut. Padahal, Anda harus tahu seberapa kuat kondisi rumah Anda. Karena itulah, pencatatan memegang peranan penting dalam perawatan rumah.

Usahakan menyimpan catatan kerusakan, usaha perbaikan, dan hasil perbaikan yang sudah Anda lakukan. Catat juga perbaikan yang dilakukan tenaga ahli. Semakin lengkap catatan itu, semakin Anda yakin kondisi rumah dari waktu ke waktu.

Ketiga, cobalah paksa diri Anda menjadi orang yang memperhatikan detail. Periksa area-area tersembunyi di dalam rumah atau tidak diperhatikan, seperti sambungan air, keran bocor, atau lumut di kamar mandi. Usahakan Anda mengetahui setiap sudut di dalam rumah.

Selain itu, jangan hanya mengetahui, tetapi juga proaktif dan bertindak secepatnya ketika mengetahui ada masalah. Jika menemukan engsel pintu tidak duduk sempurna, wallpaper terkelupas, atau hal-hal lainnya, Anda harus secepatnya menangani hal itu. Dengan demikian, Anda tidak akan lagi menemukan tumpukan masalah yang menjadi urusan runyam di rumah.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X