Kompas.com - 20/02/2014, 06:54 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Sebuah panti jompo di Inggris menawarkan fasilitas yang luar biasa mewah bagi para lansia. Mulai dari salon pribadi, bioskop, hingga fasilitas standar, seperti tempat bersantai, hingga berbagai kebutuhan pribadi lainnya, semua dibuat dengan tidak tanggung-tanggung.

Panti jompo bernama Linden House di Lymington, Hampshire tersebut menyediakan 60 kamar tidur istimewa dengan biaya menginap per minggunya mencapai 980 Poundsterling, atau sekitar Rp 19,1 juta.

www.dailymail.co.uk Kompleks panti jompo ini dibuat khusus bagi para penderita demensia. Meski terkesan mewah, sebenarnya setiap ruangan di dalam penginapan ini menyertakan penanda-penanda serta bantuan visual bagi para tamu.
Kompleks panti jompo ini dibuat khusus bagi para penderita demensia. Meski terkesan mewah, sebenarnya setiap ruangan di dalam penginapan ini menyertakan penanda-penanda serta bantuan visual bagi para tamu. Pemilihan warna, material, serta pengaturan interiornya benar-benar diperhatikan untuk menunjang keseharian penderita demensia. Itulah yang membuat Linden House menarik.

Selain penanda visual, panti jompo ini juga memiliki metode khusus dalam merawat penderita demensia. Panti jompo ini menemukan bahwa langkah terbaik dalam merawat penderita demensia adalah membuat para penderita bernostalgia. Maka itu, Linden House pun memiliki "Linden Square".

www.dailymail.co.uk Secara sederhana, area tersebut bisa diibaratkan lingkungan luar yang
Secara sederhana, area tersebut bisa diibaratkan lingkungan luar yang "dimasukkan" dalam Linden House. Ruangan tersebut merefleksikan sejarah kota Lymington. Para lansia bisa menyaksikan toko-toko dan ruang-ruang tradisional di area ini yang diharapkan mampu menstimulasi ingatan para lansia.

Para lansia bisa bermain golf mini di halaman. Di dalam juga tersedia ruang aktivitas untuk mengadakan jamuan minum teh di sore hari. Bila para lansia menginginkan, mereka juga bisa menikmati mandi spa hidroterapi, atau bersantai di kamar tidur mereka yang berukuran cukup besar.

www.dailymail.co.uk Linden House juga menyediakan penginapan bagi anggota keluarga yang datang. Jadi, para lansia tidak diperlakukan seperti tahanan.
Linden House juga menyediakan penginapan bagi anggota keluarga yang datang. Jadi, para lansia tidak diperlakukan seperti tahanan. Meski memiliki kekurangan, mereka masih bisa menikmati interaksi bersama rekan dan keluarga, sembari menikmati fasilitas di dalam panti jompo ini.

www.dailymail.co.uk Linden House dimiliki dan dikelola oleh Colten Care yang berbasis di Lymington. Perusahaan ini menyediakan empat kelompok hunian yang masing-masing bisa menampung 15 lansia.
Linden House dimiliki dan dikelola oleh Colten Care yang berbasis di Lymington. Perusahaan ini menyediakan empat kelompok hunian yang masing-masing bisa menampung 15 lansia. Tidak hanya kabar baik bagi para lansia yang membutuhkan perawatan khusus, panti jompo ini pun   menyediakan lapangan pekerjaan bagi 100 penduduk Inggris.

Manager panti jompo tersebut, Jackie Hampton, mengatakan, "Colten telah menyediakan tiga rumah perawatan yang secara spesifik merawat penderita demensia. Hal tersebut memberikan kami pengetahuan menyeluruh mengenai berbagai jenis demensia yang bisa diderita. Hidup di dalam kelompok kecil dan bersahabat memberikan para lansia kesempatan melanjutkan kemampuan praktik dan memelihara semangat kemandirian mereka selama mungkin."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.