Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Murah Bikin Rumah Lebih Meriah

Kompas.com - 19/02/2014, 08:05 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Menekan biaya menghias rumah bisa dilakukan dengan membuat sendiri ornamen dekorasi yang diperlukan. Mulai dari keset hias, centerpiece, hingga lukisan, Anda bisa mencoba mengeksplorasi sisi artistik dalam diri Anda dan membuatnya sendiri. 

Cobalah membuka  beberapa media sosial di internet seperti Tumblr, Pinterest, maupun blog. Dengan semangat berbagi, internet bisa menjadi sarana pembelajaran yang luar biasa. Sayangnya, tidak semua hal bisa Anda buat sendiri.

Anda tetap harus memilih, antara membeli jadi atau membuat barang-barang ornamen tersebut. Berikut ini beberapa pertimbangan, antara membuat sendiri berbagai barang ornamen, maupun langsung membelinya.
 
Pertama, coba hitung total biaya jika Anda memutuskan untuk membuat sendiri ornamen tersebut. Seringkali, biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat atau membeli barang dekoratif siap pakai ternyata sama saja. Jika begitu, lebih baik Anda membeli barang jadi. Selain harganya sama, Anda pun bisa menghemat tenaga.
 
Kedua, pertimbangkan lamanya proses pembuatan. Selain tenaga, Anda juga sebaiknya menyadari bahwa berkreasi membutuhkan cukup banyak waktu. Jika Anda punya banyak waktu, silahkan membuat sendiri berbagai barang atau ornamen untuk menghias rumah. Sementara itu, jika Anda tergolong orang yang sibuk, membeli barang jadi kemungkinan malah lebih hemat.
 
Ketiga, pertimbangkan kemampuan Anda dan tentunya, hasil akhir karya tersebut. Jika proyeknya mudah, seperti mencetak gambar dan memiguranya untuk menghias rumah, Anda boleh melakukannya sendiri. Biasanya, hal yang mudah seperti ini pun jauh lebih murah dilakukan sendiri. Sementara itu, untuk proyek yang sulit, misalnya membuat gerabah dari tanah liat, atau menjahit, membelinya mungkin lebih baik bagi Anda.
 
Keempat, jangan singkirkan kebutuhan Anda untuk bersenang-senang. Ada kalanya Anda hanya ingin membuat berbagai prakarya untuk memuaskan hati, bersantai, atau menghilangkan kepenatan. Jika ini yang terjadi, meski memakan waktu lama atau biayanya cukup besar, sesekali tidak apa-apa melakukannya.
 
Terakhir, pertimbangkan ruang di rumah Anda. Membuat ornamen sendiri membutuhkan banyak alat dan bahan. Jika rumah Anda sulit digunakan untuk menyimpan bahan-bahan ini, belum terlambat unuk mengurungkan niat Anda. Membeli ornamen yang sudah siap pajang akan menjadi solusi ringkas, bahkan cenderung lebih efisien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com