Kompas.com - 19/02/2014, 08:05 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Menekan biaya menghias rumah bisa dilakukan dengan membuat sendiri ornamen dekorasi yang diperlukan. Mulai dari keset hias, centerpiece, hingga lukisan, Anda bisa mencoba mengeksplorasi sisi artistik dalam diri Anda dan membuatnya sendiri. 

Cobalah membuka  beberapa media sosial di internet seperti Tumblr, Pinterest, maupun blog. Dengan semangat berbagi, internet bisa menjadi sarana pembelajaran yang luar biasa. Sayangnya, tidak semua hal bisa Anda buat sendiri.

Anda tetap harus memilih, antara membeli jadi atau membuat barang-barang ornamen tersebut. Berikut ini beberapa pertimbangan, antara membuat sendiri berbagai barang ornamen, maupun langsung membelinya.
 
Pertama, coba hitung total biaya jika Anda memutuskan untuk membuat sendiri ornamen tersebut. Seringkali, biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat atau membeli barang dekoratif siap pakai ternyata sama saja. Jika begitu, lebih baik Anda membeli barang jadi. Selain harganya sama, Anda pun bisa menghemat tenaga.
 
Kedua, pertimbangkan lamanya proses pembuatan. Selain tenaga, Anda juga sebaiknya menyadari bahwa berkreasi membutuhkan cukup banyak waktu. Jika Anda punya banyak waktu, silahkan membuat sendiri berbagai barang atau ornamen untuk menghias rumah. Sementara itu, jika Anda tergolong orang yang sibuk, membeli barang jadi kemungkinan malah lebih hemat.
 
Ketiga, pertimbangkan kemampuan Anda dan tentunya, hasil akhir karya tersebut. Jika proyeknya mudah, seperti mencetak gambar dan memiguranya untuk menghias rumah, Anda boleh melakukannya sendiri. Biasanya, hal yang mudah seperti ini pun jauh lebih murah dilakukan sendiri. Sementara itu, untuk proyek yang sulit, misalnya membuat gerabah dari tanah liat, atau menjahit, membelinya mungkin lebih baik bagi Anda.
 
Keempat, jangan singkirkan kebutuhan Anda untuk bersenang-senang. Ada kalanya Anda hanya ingin membuat berbagai prakarya untuk memuaskan hati, bersantai, atau menghilangkan kepenatan. Jika ini yang terjadi, meski memakan waktu lama atau biayanya cukup besar, sesekali tidak apa-apa melakukannya.
 
Terakhir, pertimbangkan ruang di rumah Anda. Membuat ornamen sendiri membutuhkan banyak alat dan bahan. Jika rumah Anda sulit digunakan untuk menyimpan bahan-bahan ini, belum terlambat unuk mengurungkan niat Anda. Membeli ornamen yang sudah siap pajang akan menjadi solusi ringkas, bahkan cenderung lebih efisien.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.