Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/02/2014, 07:19 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Hari kasih sayang sudah berlalu, namun menunjukkan afeksi dengan memberikan bunga segar tidak hanya perlu dilakukan hari itu saja. Bunga segar juga bisa menjadi hiasan istimewa yang menyegarkan rumah Anda.

Tidak perlu takut bahwa bunga segar membutuhkan perawatan yang rumit. Lakukan beberapa langkah mudah yang diambil dari Brightnest berikut ini dan Anda mampu mempertahankan bunga segar lebih lama.

Pertama-tama, mulailah dengan memperoleh vas bersih untuk menempatkan bunga-bunga. Anda bisa membersihkan vas dengan mudah menggunakan air, beras, dan sedikit cuka

Bila perlu, berikan disinfektan pada bagian dalam vas bunga. Buat sendiri disinfektan dengan menggunakan hidrogen peroksida (larutan tiga persen) dan cuka putih tak terdilusi. Caranya mudah, ganti tutup botol hidrogen peroksida dengan semprotan. Hindari memindahkan hidrogen peroksida dari tempatnya karena larutan tersebut sangat sensitif. Kemudian, masukkan cuka putih pada botol semprot lain. Semprotkan hidrogen peroksida dan cuka. Jangan satukan dalam satu botol. Semprotkan dulu hidrogen peroksida, baru semprotkan cuka putih.

Selanjutnya, masukkan tangkai-tangkai buka ke dalam vas. Jika Anda tidak menyediakan asupan khusus untuk bunga, tambahkan saja beberapa tetes soda ke dalam air vas. Seperti dikutip dalam Brightnest.com, kandungan gula akan membuat bunga Anda tetap sehat.

Jangan lupa untuk selalu mengganti air vas setiap hari. Sama seperti Anda yang enggan meminum air setelah dibiarkan berhari-hari, Anda pun sebaiknya mengganti air dalam vas bunga.

Selain mengganti air dalam vas bunga, potong kembali tangkai bunga setiap beberapa hari. Memang, pada akhirnya bunga akan layu dan beberapa kelopaknya rontok. Namun, memotong tangkai bunga mampu menahan proses ini sehingga tidak datang lebih cepat.

Untuk memaksimalkan lamanya bunga mampu tampil cantik di rumah Anda, pastikan juga Anda menempatkannya pada tempat teduh dan tidak langsung di bawah sinar matahari. Di malam hari, simpan bunga segar dalam lemari es. Lemari es (bukan bagian freezer) mampu menjaga bunga tetap dingin dan melindunginya dari kekeringan akibat pendingin ruangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+