Kompas.com - 14/02/2014, 07:37 WIB
Jill Goldhand mengubah dapur yang tampak biasa menjadi dapur mewah hanya dengan mengubah beberapa hal sederhana. Secara garis besar, perubahan warna banyak berperan dalam perubahan tersebut. DomaineJill Goldhand mengubah dapur yang tampak biasa menjadi dapur mewah hanya dengan mengubah beberapa hal sederhana. Secara garis besar, perubahan warna banyak berperan dalam perubahan tersebut.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Tampilan sebuah dapur berubah drastis setelah pemiliknya, Jill Goldhand, meminta bantuan Desain Manager SoulCycle di West Coast, Amerika Serikat, Brandon Quattrone dan arsitek SHoP Architects Tyler Jorgenson. Dapur yang awalnya tampak sederhana menjadi mewah hanya dengan beberapa perubahan. Jika berminat, Anda pun bisa melakukan perubahan serupa berikut ini.

Domaine Tampilan dapur sebelum diubah menjadi dapur yang tampak mewah oleh Desain Manager SoulCycle di West Coast, Amerika Serikat, Brandon Quattrone dan arsitek SHoP Architects Tyler Jorgenson.
Pertama, Quattrone dan Jorgenson harus menyesuaikan lantai dapur yang tidak rata. Mereka memutuskan untuk menutup lantai dengan baja berwarna hitam. Baja tersebut sebelumnya perlu diukur dan dibentuk hingga memiliki tampilan yang diinginkan.

"Sambungan antara dua panel benar-benar merupakan garis lurus. Panel ini benar-benar ditekan bersama dengan mulus," ujar Quattrone. "Rasanya seperti berjalan di atas beton, nyaman dan dingin. Namun, lebih mudah dirawat."

Baja hitam tersebut juga digunakan sebagai rak di salah satu dinding. Rak menjadi komponen tambahan untuk memperbesar kapasitas penyimpanan di dalam dapur. Secara estetis, rak baru tersebut mampu menyelaraskan perubahan yang ada pada lantai dapur. Menurut Jorgenson, menggunakan bahan yang sama tersebut memberikan 'bahasa material' dalam keseluruhan dapur.

Domaine Meski cenderung sederhana dan murah, lantai baja mampu turut serta membuat dapur tampil lebih mewah. Lantai baja juga mudah dirawat, sama seperti lantai beton.
Kedua, Quattrone mengubah warna lemari dapur. Lemari di bagian atas dilapisi dengan warna putih terang, sementara lemari di bagian bawah dilapisi dengan warna gelap Deep Space dari Benjamin Moore.

"(Warnanya) begitu moderen dan dalam, cukup moody," ujar Quattrone. "Apartemen ini mendapatkan begitu banyak sinar terang dan warna ini adalah warna yang tepat untuk berada di antara baja berwarna gelap dan lemari dapur sangat terang berwarna putih, marmer, dan ubin keramik (yang biasa ada pada stasiun) kereta bawah tanah."

Menurut Quattrone, segala yang berada di bawah pinggang di dapur tersebut akan menjadi representasi dari lantai berwarna gelap. Sementara, segala yang berada di atas pinggang akan menjadi representasi hal-hal yang terang, ringan, dan cerah. Proyek ini merupakan dikotomi visual. Di saat yang sama, proyek tersebut juga mengungkapkan kesederhanaan.

"Hal terkeren mengenai dapur ini adalah menjadi benar-benar cerdas dengan material dasar," ujar Quattrone. Menurutnya, ketidakadaan warna mencolok atau pola, barang-barang yang tampak mewah justru membuat dapur seluas 18,5m2 tersebut tampak mewah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.