Kompas.com - 11/02/2014, 11:30 WIB
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com — Kemajuan China dalam teknologi konstruksi pencakar langit tak diragukan. Setelah mendobrak dengan pembangunan hotel 30 lantai hanya dalam waktu 15 hari, negara ini seakan tak henti membuat sensasi baru. Mereka berencana membangun supertall dengan menggunakan prefabrikasi.

Adalah Z8 Tower, pencakar langit setinggi 300 meter yang dirancang Henn Architects, mengadopsi kemajuan terbaru dalam arsitektur. Gedung jangkung ini diklaim bakal mendefinisikan kembali stereotip pencakar langit yang berat sarat baja dan beton menjadi sebuah struktur elegan yang klasik, tetapi efisien baik dalam bentuk maupun dalam fungsi.

Inilah bahasa arsitektur kontemporer yang dicoba diperkenalkan kepada publik. Bangunan yang akan dikembangkan di CBD Beijing ini memiliki skema struktur tabung di dalam tabung dengan inti beton internal dan struktur perimeter selaras dengan grid 3 m façade reguler. Karena kepadatan grid inilah, struktur perimeter akan memiliki kekakuan lateral yang besar. Akibatnya inti akan menarik beban yang secara otomatis berkurang dan dinding inti dapat dioptimalkan.

Dual sistem yang terdiri atas perimeter dan inti memberikan stabilitas seperti yang terdapat pada gedung-gedung tinggi lainnya di zona rawan gempa seperti Beijing. Keteraturan struktur perimeter memungkinkan penggunaan standar modul struktur prefabrikasi. Hal ini dapat membantu untuk secara signifikan mengurangi waktu dan biaya konstruksi.

Berat beban bisa berkurang karena penggunaan komposit, bahan untuk menciptakan sistem lantai. Desain Z8 juga menggabungkan façade sun-shading yang dapat mengurangi silau matahari dan mengarahkan radiasi pada struktur interior.

"Seperti halnya struktur perimeter yang kuat, outriggers tidak lagi diperlukan, sehingga pembangunan secara keseluruhan dapat dipersingkat," ujar para arsitek.

Sebelumnya, dunia juga digemparkan oleh berita yang dibawa Broad Group. Perusahaan ini akan membangun megatall setinggi 838 meter yakni Sky City hanya dalam hitungan tujuh bulan. Singkatnya waktu pengerjaan karena perusahaan ini menggunakan prefabrikasi dalam membangun struktur supaya lebih efektif dan efisien.

Sayangnya, pembangunan Sky City tertunda oleh sejumlah masalah regulasi.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber evolo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.