Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Ditolak, Gerai Apple Akhirnya Disetujui

Kompas.com - 11/02/2014, 10:59 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah kota San Francisco akhirnya menyetujui rencana pembangunan gerai baru Apple di lokasi terkenal, Union Square, Selasa (6/2/2014). Menurut seorang perwakilan Apple, seperti dikutip dalam Macrumors, gerai tersebut akan "lebih ikonik" ketimbang gerai Apple yang ada di Fifth Avenue, New York, Amerika Serikat.

Desain yang sudah disetujui pemerintah San Francisco menampilkan gerai dua lantai dengan tampilan muka penuh kaca. Panel kaca setinggi 7 meter dan lebar 13,4 meter tersebut membuat interior gerai dapat langsung terekspos dari jalanan di depannya.

archdaily.co.uk Menurut Macrumors, toko tersebut juga akan memiliki pintu kaca biasa yang akan berfungsi sebagai jalan masuk utama ketika pintu besar tertutup.
Menurut Macrumors, toko tersebut juga akan memiliki pintu kaca biasa yang akan berfungsi sebagai jalan masuk utama ketika pintu besar tertutup.
 
Sebelumnya, Apple sudah mengajukan rencana kepindahan toko atau Gerai Apple di Jalan Stockton pada Mei lalu ke lokasi lebih besar, tiga blok ke utara dari toko sebelumnya, tepat di jantung Union Square.

Hanya, saat itu, pemerintah setempat dan kritikus menolak rencana yang diajukan Apple. Alasannya, pembangunan gerai tersebut akan "menggusur" air mancur Asawa dan menutup jalan penuh pejalan kaki. Apple kemudian merespon dengan meningkatkan area pintu masuknya dengan panel kaca raksasa.

 
archdaily.co.uk Apple telah mengajukan rencana pembangunan yang sudah direvisi sejak Agustus tahun lalu, hanya saat itu ditolak Pemerintah San Fransisco.
Apple telah mengajukan rencana pembangunan yang sudah direvisi sejak Agustus tahun lalu. Menurut rencana, Apple akan memindahkan air mancur ke lokasi terdekat, menambahkan jendela setinggi 2,4 m, dan menggeser dinding kaca di bagian belakang gerai sejauh 1,2 m.

Perubahan yang diajukan Apple ini rupanya memuaskan pihak berwajib di San Francisco. Hanya, Apple dilaporkan masih harus melakukan sedikit perubahan, khususnya mengebai aksesibilitas menuju lantai atas. Dengan kata lain, Apple bisa melanjutkan proyek ini dan membangun gerai ikoniknya di San Francisco.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com