Kompas.com - 09/02/2014, 12:57 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz menyatakan akan mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) tentang rumah vertikal. Permen ini khususnya disiapkan untuk mengatur pembangunan rumah susun.

Menpera mengatakan, upaya ini dilakukan untuk melindungi persawahan yang semakin terancam oleh pembangunan perumahan. Untuk itulah, pembangunan rumah diarahkan vertikal melalui rumah susun.

"Diatur agar rumah susun itu bisa dimiliki oleh masyarakat miskin. Cukup menyertakan KTP, KK, dan lainnya. Kebijakan ini dulu juga pernah dilakukan pada masa Presiden Soeharto," tutur Menpera di Depok, Sabtu (8/2/2014).

Menpera mengakui, lahan untuk perumahan saat ini semakin terbatas sehingga lahan produktif untuk pertanian pun perlahan semakin terkikis. Untuk itulah, nantinya Permen tersebut juga akan mengatur regulasi perpindahan kepemilikan rumah, selama masa cicilan berlangsung untuk menghindari adanya potensi capital gain di sektor properti.

"Sanksi tetap ada. Kalau masih terjadi perpindahan kepemilikan rumah yang belum selesai cicilannya, nanti salah satu sanksi dikenakan ke pemilik, yaitu hak kepemilikan rumah bisa dibatalkan," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.