Luar Biasa... Inilah Labirin Bambu Raksasa!

Kompas.com - 06/02/2014, 10:48 WIB
Memanfaatkan lahan seluas 17 hektar, seluruh lahan ini ditanami beberapa varietas tanaman bambu. Ricci mengklaim telah memilih 120.000 varietas bambu. www.designboom.comMemanfaatkan lahan seluas 17 hektar, seluruh lahan ini ditanami beberapa varietas tanaman bambu. Ricci mengklaim telah memilih 120.000 varietas bambu.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Kolektor seni asal Italia, Franco Maria Ricci, baru saja membuat labirin monumental dari ratusan ribu pohon bambu. Terletak di Parma, Italia, labirin bambu ini disiapkan sebagai taman budaya kota itu.

www.designboom.com Memanfaatkan lahan seluas 17 hektar, seluruh lahan ini ditanami beberapa varietas tanaman bambu. Ricci mengklaim telah memilih 120.000 varietas bambu
Ricci tidak bekerja sendiri. Ia merancang labirin bambu raksasa ini bersama-sama arsitek Italia, Carlo Bontempi dan Davide Dutto. Delapan tahun berlalu sejak kerja pertama proyek ini mereka mulai, keduanya berencana membuka labirin raksasa itu pada akhir 2014 nanti.

Memanfaatkan lahan seluas 17 hektar, seluruh lahan ini ditanami beberapa varietas tanaman bambu. Ricci mengklaim telah memilih 120.000 varietas bambu. Ia mengklaim karyanya ini akan menjadi labirin bambu terbesar di dunia.

www.designboom.com Memanfaatkan lahan seluas 17 hektar, seluruh lahan ini ditanami beberapa varietas tanaman bambu. Ricci mengklaim telah memilih 120.000 varietas bambu.
"Sangat beragam. Bambu itu tanaman yang luar biasa, yang tidak membawa penyakit, tidak kehilangan semua daunnya di musim dingin dan mampu memurnikan udara dari karbon dioksida," jelas Ricci kepada Designboom.

www.designboom.com Ricci merancang labirin bambu raksasa ini bersama-sama arsitek Italia, Carlo Bontempi dan Davide Dutto. Delapan tahun berlalu sejak kerja pertama proyek ini mereka mulai, keduanya berencana membuka labirin raksasa itu pada akhir 2014 nanti.
Nantinya, labirin ini akan menjadi milik Yayasan Franco Maria Ricci. Lewat yayasan ini Ricci akan memastikan keberlangsungan hidup pepohonan bambu di labirin itu, melestarikan dan mempromosikannya. Ricci berjanji akan menjaga lanskap ini berdasarkan kriteria yang tidak hanya konservatif.

www.designboom.com Memanfaatkan lahan seluas 17 hektar, seluruh lahan ini ditanami beberapa varietas tanaman bambu. Ricci mengklaim telah memilih 120.000 varietas bambu.
"Salah satu ambisi yang mendorong saya adalah membina persatuan antara dua hal yang tampaknya dibuat untuk satu sama lain, yaitu bambu dan lembah ini," kata Ricci.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X