Buatlah Taman, di sinilah Anak-anak Anda Menemukan Dirinya...

Kompas.com - 31/01/2014, 14:58 WIB
Anda pun bisa membuatnya, merancang alam kecil dengan kemiripan yang liar dan bebas di dalamnya. Ya, Anda bisa membuat taman kecil yang hijau dan sehat untuk mengembangkan pikiran anak-anak Anda www.houzz.comAnda pun bisa membuatnya, merancang alam kecil dengan kemiripan yang liar dan bebas di dalamnya. Ya, Anda bisa membuat taman kecil yang hijau dan sehat untuk mengembangkan pikiran anak-anak Anda
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Dalam bukunya berjudul Last Child in the Woods, Richard Louv mengeksplorasi beberapa gangguan akibat defisit alam bagi kehidupan manusia. Teori dasarnya simpel. Ia mengatakan bahwa anak-anak sekarang semakin sedikit bermain di luar rumah. Akibatnya, mereka memiliki lebih sedikit rasa percaya diri dan kreativitas, tak dapat berpikir di luar kebiasaannya, sulit bekerja sama baik dengan orang lain, serta sejumlah ciri psikologis hingga fisik lainnya seperti obesitas.

Richard bilang, bertolak dari itulah anak-anak perlu bermain di alam, terutama alam yang beragam. Anda pun bisa membuatnya, merancang alam kecil dengan kemiripan yang liar dan bebas di dalamnya. Ya, Anda bisa membuat taman kecil yang hijau dan sehat untuk mengembangkan pikiran anak-anak Anda. 

www.houzz.com Sebuah air mancur adalah sumber bunyi yang harmoni atau kolam beriak dangkal akan menarik anak-anak untuk selalu ingin bermain di taman. Tak hanya menikmati, tapi buatlah kolam ini sebagai tempat kehidupan lain untuk diketahui anak-anak Anda.
Ciptakan misteri

Anda bisa membuat taman yang mengisyaratkan banyak tujuan dan menciptakan misteri. Membuat jalan kecil, jalan setapak tersembunyi di antara pohon-pohon, sebuah sudut tersembunyi oleh semak dan sebagainya. Ini adalah tempat-tempat yang bisa Anda rancang secara khusus untuk melatih anak-anak berpikir mandiri dan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya.

Ke mana jalan untuk keluar? Ada apa di sudut sana? Ke mana saya bisa bersembunyi dan yakin tidak ada yang akan menemukan saya? Itulah yang bisa Anda tanamkan lewat taman mungil di rumah Anda!

www.shutterstock.com Sediakan tempat duduk. Tempat terbaik untuk duduk di taman ada di antara rumput dan bunga, atau di pinggir kolam. Buatlah posisi duduk ini menghadap hamparan rumput atau bunga untuk teman setia bersantai anak-anak dan menajamkan imajinasinya jika ia senang menggambar atau melukis.
Tekstur dan aroma yang beragam

Semakin banyak warna dan berbagai daun, semakin kuat rasa yang tercipta untuk membuat anak-anak terhubung dan mengeksplorasi alam sekitarnya. Bunga lavender, rerumputan, atau mawar di tepi jalan adalah arena anak-anak bermain dan mencari tahu.

Buatlah tanaman rumput tumbuh dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi di antara bunga-bungaan. Variasikan daun besar dan daun kecil, warna daun hijau dan merah atau biru serta kuning.

Harmonisasi suara

Sebuah air mancur adalah sumber bunyi yang harmonis atau kolam beriak dangkal akan menarik anak-anak untuk selalu ingin bermain di taman. Tak hanya menikmati, tapi buatlah kolam ini sebagai tempat kehidupan lain untuk diketahui anak-anak Anda. Ikan, kura-kura, atau tanaman air akan menjadi sumber pengetahuan barunya.

Tempat duduk

Sediakan tempat duduk. Tempat terbaik untuk duduk di taman ada di antara rumput dan bunga, atau di pinggir kolam. Buatlah posisi duduk ini menghadap hamparan rumput atau bunga untuk teman setia bersantai anak-anak dan menajamkan imajinasinya jika ia senang menggambar atau melukis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X