Ini Dia Calon Gedung Paling Hijau di Sri Lanka

Kompas.com - 28/01/2014, 18:33 WIB
Sri Lanka akan memiliki hunian lengkap dengan taman vertikal yang berlokasi tidak jauh dari Ibukota Colombo, bernama www.designboom.comSri Lanka akan memiliki hunian lengkap dengan taman vertikal yang berlokasi tidak jauh dari Ibukota Colombo, bernama "Clearpoint Residencies".
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Sri Lanka akan memiliki hunian lengkap dengan taman vertikal yang berlokasi tidak jauh dari Ibukota Colombo. Hunian vertikal dengan nama "Clearpoint Residencies" tersebut akan menjadi bangunan tinggi pertama di Sri Lanka yang mengedepanakan konsep ramah lingkungan dan berkelanjutan. 
 
Gedung hunian ini merupakan hasil prakarsa Milroy Perera Associates dan Maga Engineering. Secara khusus, bangunannya dirancang minim jejak karbon yang dapat menekan biaya perawatan.
 
www.designboom.com Konsepnya sebetulnya sederhana. Setiap penghuni apartemen akan diberikan akses ke teras yang memiliki banyak tumbuhan. Posisi teras dan kehadiran tumbuh-tumbuhan hijau tersebut dapat mengurangi paparan sinar matahari.
Konsepnya sebetulnya sederhana. Setiap penghuni apartemen akan diberikan akses ke teras yang memiliki banyak tumbuhan. Posisi teras dan kehadiran tumbuh-tumbuhan hijau tersebut dapat  mengurangi paparan sinar matahari. Dengan berkurangnya paparan sinar matahari, suhu di dalam ruangan pun lebih dingin dan penggunaan pendingin udara tidak begitu diperlukan. Tanaman pun dapat menyerap suara bising dan membersihkan udara. Tidak hanya tampak hijau dari luar, dari dalam penghuni pun bisa menikmati udara bersih.
 
Bangunan yang tampak hijau saja belum cukup. Tanpa fitur lain yang mampu menekan konsumsi energi dan hemat penggunaan air, bangunan tersebut tidak benar-benar ramah lingkungan. Khusus untuk bangunan penuh tanaman di Sri Lanka ini, penggunaan air bisa dibayangkan sangat banyak. Namun, itu tidak terjadi.


Bangunan tersebut justru menggunakan sistem irigasi otomatis yang airnya dikumpulkan dari sisa air kamar mandi dan hujan. Air daur ulang ini akan digunakan kembali, tidak hanya untuk tanaman, namun juga untuk mengguyur toilet. Sementara itu, solar panel juga digunakan untuk menyalakan lampu publik, elevator, dan sistem daur ulang air. 
 
Baik penduduk Sri Lanka maupun penduduk dunia yang tertarik dengan hunian ini, semuanya perlu menunggu hingga bangunan tersebut akan diselesaikan pada 2016.
 
Meski dibangun dengan pertimbangan keramahan lingkungan, gedung ini tetap tampak mewah dan modern. Setiap unit apartemen di dalam bangunan ini cukup luas dan lega. Belum lagi, setiap apartemen dilengkapi dengan teras cukup luas dan menenangkan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X