Setelah Pencolengan, Notre Dam du Haut Dijaga Ketat

Kompas.com - 24/01/2014, 09:16 WIB
Kapel Notre Dame du Haut di Ronchamp, Haute-Saône, Perancis, mengalami kerusakan. archdaily.co.ukKapel Notre Dame du Haut di Ronchamp, Haute-Saône, Perancis, mengalami kerusakan.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Pengrusakan yang terjadi pada mahakarya Le Corbusier, kapel Notre Dame du Haut di Ronchamp, Haute-Saône membuat pihak yayasan "terjaga". Meski terlambat, tindakan pencegahan kini akan dilakukan untuk meminimalisasi kemungkinan terjadi pengrusakan susulan atau risiko lain.
 
Seperti dikutip dalam Dezeen.com, Presiden Fondation Le Corbusier Antoine Picon dalam pernyataannya setelah insiden tersebut terjadi, meminta implementasi tindakan keamanan darurat terhadap situs dan bangunan kapel Notre Dame du Haut. Sebagai catatan, kapel tersebut mengalami pembobolan oleh oknum yang belum diketahui identitasnya dengan cara memecahkan kaca bertandatangan Le Corbusier, kemudian mengambil koleksi peti beton. Peti tersebut tidak berisi uang. Para pencoleng yang sudah merusak salah satu karya arsitektur penting dunia tersebut hanya melemparkan peti-peti beton di luar kapel.
 
Picon meminta pemilik kapel tersebut, Association Oeuvre Notre-Dame-du-Haut untuk "melindungi dengan lebih baik warisan budaya dari abad ke-20, khususnya karya Le Corbusier". Dia juga menggarisbawahi buruknya kondisi struktural kapel.
 
Seperti dikutip dalam Dezeen.com, Picon menunjuk buruknya kondisi struktur kapel dan tampilannya. "Masalah kelembaban, buruknya infiltrasi dan perawatan batu," jelasnya. 
 
Kapel ini memang memiliki dinding batu tebal, penempatan jendela yang cenderung aneh, dan atap melengkung masif unik. Dezeen juga mencatat banyak kritikus yang menilai kapel berbentuk aneh ini merupakan karya terbaik Le Corbusier.

Insiden yang terjadi tampaknya menjadi unsur kejut untuk mengingat kembali kemegahan karya Le Corbusier dan tentunya sebagai pengingat untuk melestarikannya.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X