Kompas.com - 23/01/2014, 14:18 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Tak sedikit orang benci melihat kesalahan dari mahalnya biaya yang dikeluarkan hanya untuk mendesain rumahnya. Namun, yang membuat frustrasi adalah ketika pemilik rumah bisa merencanakan desain rumahnya, dan ia sadar itu sudah terlambat dilakukan.

Tentu, kecelakaan dalam desain biasa terjadi ketika seseorang merenovasi rumahnya. Namun, dengan perencanaan tepat, Anda mungkin bisa meminimalkan kesalahan-kesalahan itu tanpa perlu keluar banyak biaya lagi.

Untuk itu, tak ada salahnya, mulai sekarang memikirkan perencanaan dengan baik. Beberapa langkah berikut ini, misalnya, mungkin bisa Anda jadikan pedoman perencanaan:

www.houzz.com Masalah terbesar yang sering terjadi adalah kesalahan pengukuran. Potongan pintu terlalu besar, jendela terlalu lebar atau ukuran tangga terlalu kecil. Untuk itulah, ada baiknya Anda merangkai semuanya di atas kertas.
Rencanakan di atas kertas

Masalah terbesar yang sering terjadi adalah kesalahan pengukuran. Potongan pintu terlalu besar, jendela terlalu lebar, atau ukuran tangga terlalu kecil. Untuk itulah, ada baiknya Anda merangkai semuanya di atas kertas. Terlebih lagi, saat ini Anda bisa menemukan referensi software khusus di internet untuk memudahkan Anda menggambar kamar atau dapur Anda pada kertas.

Anda juga bisa membuat guntingan-guntingan kertas, membentuknya menjadi potongan-potongan furnitur untuk kemudian disimulasikan pada kertas corat-coret Anda. Dengan begini, Anda telah mempersempit pilihan furnitur yang perlu dibeli sesuai kebutuhan dan luas ruangan di rumah Anda.

www.houzz.com Untuk apa saja fungsi ruang keluarga, apakah benar-benar hanya untuk tempat bersantai keluarga atau cuma untuk menonton televisi? Bagaimana mengatur tempat duduknya?
Mengukur segala sesuatu.

Pepatah lama, "Ukur dua kali, potong sekali" tidak lebih penting daripada perencanaan ruang. Kegiatan mengukur mutlak dilakukan, mulai ukuran pintu (baik lebar dan tinggi), ketinggian langit-langit, lorong-lorong, dan tangga. Maka, ketika mempertimbangkan untuk membeli furnitur, Anda tinggal berpatokan pada pengukuran tersebut dan menandai bentuk dan ukuran lantai rumah Anda. 

Pertimbangkan fungsi

Untuk apa saja fungsi ruang keluarga, apakah benar-benar hanya untuk tempat bersantai keluarga atau cuma untuk menonton televisi? Bagaimana mengatur tempat duduknya?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.