Kompas.com - 21/01/2014, 16:11 WIB
Keluarnya warna biru sebagai warna yang mampu menunjang kenyamanan tidur Anda tidak mengejutkan. Biru sangat nyaman bagi mata. Secara psikologis pun biru dapat dikaitkan dengan kenyamanan. www.shutterstock.comKeluarnya warna biru sebagai warna yang mampu menunjang kenyamanan tidur Anda tidak mengejutkan. Biru sangat nyaman bagi mata. Secara psikologis pun biru dapat dikaitkan dengan kenyamanan.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Warna kamar tidur ternyata salah satu unsur penting dalam mendesain kamar. Tidak hanya untuk kepentingan estetika, salah menentukan warna kamar juga bisa memengaruhi kualitas tidur.

Seperti dikutip Forbes, ruangan yang tidak cukup gelap pun mampu "menipu" otak Anda dan membuat tubuh mengurangi produksi melatonin. Sementara itu, menurut hasil survei dan studi yang dipublikasikan oleh Travelodge.co.uk, rahasia tidur yang nyaman adalah tidur dalam kamar bercat biru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Orang Inggris yang tidur di dalam kamar berdekor biru secara teratur mendapatkan kualitas tidur terbaik pada malam hari," ujar hasil studi rilisan yang dipublikasikan Travelodge.

Ahli serba-serbi masalah tidur dari Edinburg Sleep Centre, Chris Idzikowski, memberikan komentarnya mengenai hasil studi tersebut.

www.huffingtonpost.com Dalam survey Travelodge dengan 2000 responden membuktikan bahwa rata-rata orang yang tidur dalam kamar berwarna biru mampu tidur selama 7 jam, 52 menit.
"Ini adalah hasil yang luar biasa. Jadi, ada penerima khusus bernama sel ganglion di bagian mata retina yang sangat sensitif pada warna biru. Reseptor ini memberikan informasi pada area di dalam otak kita yang mengontrol ritme 24 jam dan memengaruhi cara kita berlaku dan merasa sepanjang hari. Interaksi antara cahaya, tidur, dan kondisi bangun sangat penting," kata Chris.

Sementara itu, konsultan Colour Therapy & Holistic Interior Design Suzy Chiazzari mengatakan bahwa dekorasi kamar dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas tidur setiap malam.

"Jadi, tidak sia-sia mempertimbangkan untuk memperhatikan warna dalam dekorasi kamar Anda," ucap Chiazzari.

Chiazzari juga mengungkapkan bahwa keluarnya warna biru sebagai warna yang mampu menunjang kenyamanan tidur Anda tidak mengejutkan. Biru sangat nyaman bagi mata. Secara psikologis pun biru dapat dikaitkan dengan kenyamanan.

www.shutterstock.com Konsultan Colour Therapy & Holistic Interior Design Suzy Chiazzari mengatakan bahwa dekorasi kamar dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas tidur setiap malam.
Sementara itu, survei Travelodge dengan 2.000 responden menunjukkan bahwa rata-rata orang yang tidur dalam kamar berwarna biru mampu tidur selama 7 jam 52 menit. Adapun tidur dengan warna kuning mencapai 7 jam 40 menit, sementara hijau mencapai 7 jam 36 menit, warna perak 7 jam 33 menit, oranye 7 jam 28 menit, merah 6 jam 58 menit, warna emas 6 jam 43 menit, abu-abu mencapai 6 jam 12 menit, coklat 6 jam 5 menit, sedangkan menggunakan warna ungu mencapai 5 jam 56 menit.

Nah, warna apakah yang digunakan di ruang tidur Anda?Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.