Kompas.com - 14/01/2014, 12:28 WIB
Keindahan bisa didapat dengan praktis lewat wallpaper. Penutup dinding yang satu ini juga dapat dengan mudah dibersihkan. dreamstimeKeindahan bisa didapat dengan praktis lewat wallpaper. Penutup dinding yang satu ini juga dapat dengan mudah dibersihkan.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Berbagai kerusakan yang dialami rumah Anda menambah sederetan alasan untuk mengubah penampilan atau setidaknya memperbaiki bagian tersebut. Salah satu cara termudah untuk mengubah drastis tampilan interior rumah adalah dengan menggunakan wallpaper sebagai penutup dinding. Jadi, beranikanlah diri Anda menggunakannya. 
 
Alasan menggunakan wallpaper
 
Keindahan bisa didapat dengan praktis lewat wallpaper. Selain itu, seperti dikutip dalam Seabrookwallpaper.com, penutup dinding yang satu ini pun dapat dengan mudah dibersihkan. 
 
Tidak hanya untuk ruang keluarga dan kamar tidur Anda, wallpaper pun bisa digunakan untuk kamar anak. Dengan wallpaper, Anda bisa menambah kekompleksan tektur, memberikan warna, serta memasukkan pola-pola edukatif bagi dinding kamar anak.
 
Berbagai guna wallpaper
 
Selain digunakan sebagai penutup dinding seluruh sisi dalam ruangan atau menjadi penghias dinding aksen, wallpaper  juga bisa Anda gunakan untuk beberapa keperluan atau fitur lain di rumah. Pertama, Anda bisa memanfaatkannya untuk melapisi partisi temporer.
 
Partisi semacam ini cocok bagi Anda yang tinggal di dalam apartemen sewa atau asrama. Tanpa perlu mengecat dinding, Anda bisa membuat ruangan terasa lebih berwarna.
 
Wallpaper juga bisa Anda manfaatkan untuk menghias bagian dalam rak buku atau rak dapur. Cara ini mampu membuat rak tampak jauh lebih menarik. Selain rak, laci pun bisa Anda hias dengan menggunakan wallpaper. Gunakan juga sebagai alas laci.
 
Jika terjadi kerusakan
 
Anda pun bisa segera memperbaiki wallpaper yang rusak. Jika ada robekan kecil, Anda bisa menggunakan lem pada bagian belakang kertas. Jangan lupa juga meratakan wallpaper yang sudah diberi lem tambahan. Sementara itu, jika terdapat kerusakan yang cukup besar, gunakan wallpaper baru untuk menutupnya.
 
Potong lebih besar dari bagian yang rusak, kemudian letakkan potongan tersebut di permukaan wallpaper rusak. Gunakan pisau untuk memotong wallpaper lama seukuran potongan yang baru. Gunakan pengikis untuk melepaskan wallpaper rusak.
 
Sementara itu, untuk menempelkan wallpaper baru ke dinding, Anda harus mengetahui jenis  yang Anda miliki. Ada wallpaper yang hanya mengharuskan Anda membasahinya untuk menempel. Sementara, ada pula yang membutuhkan lem. Bagaimana pun jenisnya, pastikan meratakan permukaan wallpaper dari bagian tengah ke pinggir.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber casa sugar
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.