Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Bahan yang Ada, Tak Sulit Hilangkan Karat!

Kompas.com - 10/01/2014, 11:29 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Peralatan berkebun yang pada umumnya terbuat dari baja rentan berkarat karena berulang kali terkena air, embun, atau terpapar kelembaban dan tanah. Namun, jika Anda menemukan peralatan berkebun di rumah mulai berkarat, jangan terburu-buru membuangnya.

Menghilangkan karat sebenarnya tidak sulit. Dengan cara sederhana, Anda pun bisa menggunakan berbagai bahan-bahan yang sudah ada di rumah. Simak caranya:

- Pertama, cobalah menggunakan batu apung untuk menghilangkan karat dari alat-alat berkebun. Amplas dan steel wool juga bisa Anda gunakan untuk mengikis karat dari alat-alat berkebun tersebut.

www.houzz.com Keempat, menyemprotkan cuka pada permukaan berkarat juga bisa Anda lakukan. Setelah Anda melakukan hal ini, peralatan akan tampak menghitam. Jangan takut, alat tersebut akan kembali ke warna asalnya setelah dibilas dengan air.
- Kedua, gunakan bahan-bahan kimia seperti WD-40 dan brasso untuk menghilangkan karat dari alat-alat berkebun.

- Ketiga, gunakan cuka murni untuk menghilangkan karat. JIka benda yang berkarat berukuran cukup kecil, cobalah merendam alat tersebut dalam larutan cuka. Sementara itu, jika alatnya berukuran cukup besar, bubuhkan cuka pada kapas dan seka ke permukaan alat yang berkarat.

www.shutterstock.com Keempat, menyemprotkan cuka pada permukaan berkarat juga bisa Anda lakukan. Setelah Anda melakukan hal ini, peralatan akan tampak menghitam. Jangan takut, alat tersebut akan kembali ke warna asalnya setelah dibilas dengan air.
- Keempat, menyemprotkan cuka pada permukaan berkarat juga bisa Anda lakukan. Setelah Anda melakukan hal ini, peralatan akan tampak menghitam. Jangan takut, alat tersebut akan kembali ke warna asalnya setelah dibilas dengan air. Hanya saja, hindari penggunaan cuka pada alat-alat berbahan kuningan.

- Keempat, Anda bisa menggunakan baking soda dan sari lemon. Campurkan keduanya hingga membentuk pasta dan oleskan pada karat. Tunggu beberapa menit, baru bersihkan pasta tersebut. Sari lemon juga bisa dicampurkan dengan cuka putih dan garam untuk menghilangkan karat. Basahi permukaan berkarat dengan sari lemon dan cuka putih, kemudian taburkan garam, dan sikat. Bilas dengan air, kemudian keringkan.

Sumber: www.boldsky.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com