Pakai Bahan yang Ada, Tak Sulit Hilangkan Karat!

Kompas.com - 10/01/2014, 11:29 WIB
Pertama, cobalah menggunakan batu apung untuk menghilangkan karat dari alat-alat berkebun. Amplas dan steel wool juga bisa Anda gunakan untuk mengikis karat dari alat-alat berkebun tersebut.
www.houzz.comPertama, cobalah menggunakan batu apung untuk menghilangkan karat dari alat-alat berkebun. Amplas dan steel wool juga bisa Anda gunakan untuk mengikis karat dari alat-alat berkebun tersebut.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Peralatan berkebun yang pada umumnya terbuat dari baja rentan berkarat karena berulang kali terkena air, embun, atau terpapar kelembaban dan tanah. Namun, jika Anda menemukan peralatan berkebun di rumah mulai berkarat, jangan terburu-buru membuangnya.

Menghilangkan karat sebenarnya tidak sulit. Dengan cara sederhana, Anda pun bisa menggunakan berbagai bahan-bahan yang sudah ada di rumah. Simak caranya:

- Pertama, cobalah menggunakan batu apung untuk menghilangkan karat dari alat-alat berkebun. Amplas dan steel wool juga bisa Anda gunakan untuk mengikis karat dari alat-alat berkebun tersebut.

www.houzz.com Keempat, menyemprotkan cuka pada permukaan berkarat juga bisa Anda lakukan. Setelah Anda melakukan hal ini, peralatan akan tampak menghitam. Jangan takut, alat tersebut akan kembali ke warna asalnya setelah dibilas dengan air.
- Kedua, gunakan bahan-bahan kimia seperti WD-40 dan brasso untuk menghilangkan karat dari alat-alat berkebun.

- Ketiga, gunakan cuka murni untuk menghilangkan karat. JIka benda yang berkarat berukuran cukup kecil, cobalah merendam alat tersebut dalam larutan cuka. Sementara itu, jika alatnya berukuran cukup besar, bubuhkan cuka pada kapas dan seka ke permukaan alat yang berkarat.

www.shutterstock.com Keempat, menyemprotkan cuka pada permukaan berkarat juga bisa Anda lakukan. Setelah Anda melakukan hal ini, peralatan akan tampak menghitam. Jangan takut, alat tersebut akan kembali ke warna asalnya setelah dibilas dengan air.
- Keempat, menyemprotkan cuka pada permukaan berkarat juga bisa Anda lakukan. Setelah Anda melakukan hal ini, peralatan akan tampak menghitam. Jangan takut, alat tersebut akan kembali ke warna asalnya setelah dibilas dengan air. Hanya saja, hindari penggunaan cuka pada alat-alat berbahan kuningan.

- Keempat, Anda bisa menggunakan baking soda dan sari lemon. Campurkan keduanya hingga membentuk pasta dan oleskan pada karat. Tunggu beberapa menit, baru bersihkan pasta tersebut. Sari lemon juga bisa dicampurkan dengan cuka putih dan garam untuk menghilangkan karat. Basahi permukaan berkarat dengan sari lemon dan cuka putih, kemudian taburkan garam, dan sikat. Bilas dengan air, kemudian keringkan.

Sumber: www.boldsky.com

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X